Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Doa Awal Tahun Dan Akhir Tahun

 بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Diantara kaum muslimin ada yang mengamalkan doa akhir tahun, awal tahun dan 10 Muharram, namun doa tersebut bukan dari Nabi SAW. berikut ini diantara doanya:

Doa Awal Tahun

وَ صَلَّى اللهُ عَلَى سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى الِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ، اَللّهُمَّ اَنْتَ اْلاَبَدِيُّ اْلقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَ عَلَى فَضْلِكَ اْلعَظِيْمِ وَ جُوْدِكَ اْلمُعَوَّلِ وَ هذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ نَسْأَلُكَ اْلعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ اَوْلِيَائِهِ وَ جُنُوْدِهِ وَ اْلعَوْنَ عَلَى هذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَ اْلاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ وَ صَلَّى اللهُ عَلَى سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى الِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ
Shalawat dan salam Allah semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para shahabatnya. Ya Allah, Engkau adalah Tuhan yang Kekal, yang Dahulu, dan yang Awal. Atas karunia-Mu yang agung dan kemurahan-Mu yang tercurah, kini tahun baru telah datang, kami memohon kepada-Mu penjagaan dari syaithan, teman-temannya dan tentara-tentaranya, dan kami memohon pertolongan atas hawa nafsu yang mengajak kepada kejahatan, dan kami memohon disibukkan kepada amal perbuatan yang mendekatkanku kepada-Mu sedekat-dekatnya, wahai Tuhan yang memiliki Kebesaran dan Kemuliaan. Shalawat dan salam Allah semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para shahabatnya. (3X)

Doa Akhir Tahun

وَ صَلَّى اللهُ عَلَى سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى الِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ، اَللّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَ لَمْ تَرْضَهُ وَ لَمْ تَنْسَهُ وَ حَلِمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَ دَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جِرَائَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَاِنّى اَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِى بِفَضْلِكَ وَ مَا عَمِلْتُهُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ وَ اَسْأَلُكَ اَللّهُمَّ يَا كَرِيْمُ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ، اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنّى وَ لاَ تَقْطَعْ رَجَائِى مِنْكَ يَا كَرِيْمُ، وَ صَلَّى اللهُ عَلَى سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى الِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ، (X3)
Shalawat dan salam Allah semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para shahabatnya. Ya Allah, apapun yang telah aku perbuat pada tahun ini dari perbuatan yang Engkau telah melarangnya padahal aku belum bertaubat dan Engkau tidak ridla dan tidak melupakannya, dan Engkau telah sayang kepadaku padahal Engkau kuasa untuk menghukumku, dan Engkau mengajakku untuk bertaubat setelah kelancanganku berbuat ma’shiyat kepada-Mu, oleh karena itu aku mohon ampun kepada-Mu, maka ampunilah aku dengan karunia-Mu. Adapun perbuatan yang telah kuperbuat di tahun ini dari perbuatan yang Engkau meridlainya dan Engkau telah menjanjikan pahala kepadaku, aku memohon kepada-Mu ya Allah, yang Maha Pemurah, yang Maha Perkasa dan Maha Mulia, sudilah agar Engkau menerimanya dariku, dan janganlah Engkau putuskan harapanku kepada-Mu, wahai Tuhan yang Maha Pemurah. Shalawat dan salam Allah semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para shahabatnya. (3X).

Doa Hari Asyura (10 Muharram)

حَسْبُنَا اللهُ وَ نِعْمَ اْلوَكِيْلُ، نِعْمَ اْلمَوْلَى وَ نِعْمَ النَّصِيْرُ، سُبْحَانَ اللهِ مِلْءَ اْلمِيْزَانِ وَ مُنْتَهَى اْلعِلْمِ وَ مَبْلَغَ الرّضَى وَ زِنَةَ اْلعَرْشِ لاَ مَلْجَاءَ وَ لاَ مَنْجَا مِنَ اللهِ اِلاَّ اِلَيْهِ، سُبْحَانَ اللهِ عَدَدَ الشَّفْعِ وَ اْلوَتْرِ وَ عَدَدَ كَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ كُلّهَا، نَسْأَلُكَ السَّلاَمَةَ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَ لاَ حَوْلَ وَ لاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ اْلعَلِيّ اْلعَظِيْمِ وَ هُوَ حَسْبُنَا وَ نِعْمَ اْلوَكِيْلِ، نِعْمَ اْلمَوْلَى وَ نِعْمَ النَّصِيْرِ، وَ صَلَّى اللهُ عَلَى سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى الِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ
Cukuplah Allah menjadi penolong kami, dan adalah Allah sebaik-baik Pelindung, sebaik-baik Penanggung dan sebaik-baik Penolong. Maha Suci Allah sepenuh timbangan dan sepenuh ilmu, sepenuh ridla dan timbangan ‘Arsy, tidak ada tempat berlari dan tidak ada tempat berlindung dari Allah kecuali kepada-Nya, Maha Suci Allah sebanyak hitungan genap dan ganjil, dan sebanyak kalimat-kalimat Allah yang sempurna semuanya. Kami mohon kepada-Mu keselamatan dengan rahmat-Mu, wahai Tuhan yang Maha Penyayang diantara para penyayang, dan tidak ada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Dan cukuplah Dia Allah menjadi penolong kami, dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung, sebaik-baik Penanggung dan sebaik-baik Penolong. Shalawat dan salam Allah semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para shahabatnya.

yang berkaitan dengan doa awal tahun dan akhir tahun bisa baca tentang Puasa 10 Muharram dan Puasa tasua dan asyura

Wallahu a'lamu bishawab.

سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Perintah Orang Tua Yang Tidak Boleh Ditaati

Hadits Tentang Walimah

Hadits Tentang Khitan

Shalat Sunnah Intidhar

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan