Malam Kemuliaan

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Lailatul Qodar, adalah satu diantara keistimewaan bulan Ramadhan. Al-Qur'an menyebutnya sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam yang penuh berkah ditetapkan segala urusan besar dengan penuh kebijaksanaan.

لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ خَيۡرٞ مِّنۡ أَلۡفِ شَهۡرٖ 
Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan (QS Al Qodar 3)

إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ فِي لَيۡلَةٖ مُّبَٰرَكَةٍۚ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ ٣ فِيهَا يُفۡرَقُ كُلُّ أَمۡرٍ حَكِيمٍ ٤ 
Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah (QS Ad Dukhon 3-4)

Inilah malam Nabi SAW, mengamalkan i'tikaf di masjid untuk merenung dan penyucian jiwa. Masjid adalah tempat suci, diharapkan segala kebaikan dimulai. Suasana masjid yang tenang, jauh dari keramaian akan bisa menenangkan pikiran dan menguatkan iman.
Nabi pertama kali menemui malam Qodar, saat beliau merenungkan tentang diri dan persoalan masyarakat. Datanglah solusi bersama turunnya arRuh (Malaikat Jibril) membawa ajaran dan merubah kehidupan beliau dan umat manusia. 

Inilah malam-malam terakhir bulan puasa, Nabi SAW memberikan tauladan dengan banyak berdoa, merenung dan bertadarus Al-Qur'an. Malam "penentuan" sebagai dampak merasakan kebenaran yang akan mempengaruhi kehidupannya dengan suasana damai dan bahagia.

Inilah malam-malam intervensi Ilahi atas diri kita, berupa keyakinan yang bertambah teguh, kebenaran yang menjadi lebih jelas dan kesucian batin yang mendatangkan kedamaian.

Saudaraku,

Carilah malam Ramadhan yang didalamnya ada Lailatul Qodar. Malam penuh kebahagiaan karena bersamaNYA semua urusan menjadi mudah.

Anugerah Tuhan pada tempat dan waktu yang ditentukan, kehadiran malaikat yang membawa kebenaran dan kedamaian hidup.

Ajak keluargakita menyambut kebahagiaan abadi. Bertaraweh bersama, kita bertadarus dan beri'tikaf untuk mendapatkan Lailatul Qodar. Inilah waktu-waktu terakhir menjelang, Dimana sebentar lagi kita akan menjadi pemenang, bukan pecundang.

Allahu a'lamu bishowab
Masjid Besar Fadhlullah Arjowinangun Cirebon
27 Ramadhan 1440 H

سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Aqiqah

Hadits Tentang Khitan

Syarat Menjadi Imam Dalam Shalat Berjama'ah