Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Hadits Tentang IIaa’



بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Tentang IIaa’

Ilaa’ menurut bahasa ialah sumpah. Adapun menurut istilah syara’ ialah suami bersumpah untuk tidak mencampuri istrinya. Kalau seorang suami bersumpah demikian, ia diberi tempo selama empat bulan. Setelah usai empat bulan, ia supaya memilih apakah akan meneruskan pernikahannya dengan membayar kaffarat, atau menthalaq istrinya tersebut. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

لِلَّذِيْنَ يُؤْلُوْنَ مِنْ نّسَآئِهِمْ تَرَبُّصُ اَرْبَعَةِ اَشْهُرٍ، فَاِنْ فَآءُوْ فَاِنَّ اللهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ.(226) وَ اِنْ عَزَمُوا الطَّلاَقَ فَاِنَّ اللهَ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ.(227) البقرة
Kepada orang-orang yang meng-ilaa’ istrinya diberi tangguh empat bulan (lamanya). Kemudian jika mereka kembali (kepada istrinya), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (226) Dan jika mereka ber’azam (bertetap hati untuk) thalaq, maka sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (227) [QS. Al-Baqarah]

عَنِ الشَّعْبِيّ عَنْ مَسْرُوْقٍ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: آلَى رَسُوْلُ اللهِ ص مِنْ نِسَائِهِ وَ حَرَّمَ، فَجَعَلَ اْلحَرَامَ حَلاَلاً وَ جَعَلَ فِى اْليَمِيْنِ اْلكَفَّارَةَ. ابن ماجه و الترمذى
Dari Sya’biy, dari Masruq dari ‘Aisyah, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah bersumpah ilaa’ terhadap sebagian istri-istrinya dan beliau pernah mengharamkan (sesuatu), lalu yang beliau haramkan itu beliau jadikan halal dengan membayar kaffarat atas sumpahnya”. [HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi]

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: اِذَا مَضَتْ اَرْبَعَةُ اَشْهُرٍ يُوْقَفُ حَتَّى يُطَلّقَ، وَ لاَ يَقَعُ عَلَيْهِ الطَّلاَقُ حَتَّى يُطَلّقَ، يَعْنِى اَلْمُوْلِى. البخارى
Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “Apabila telah lewat empat bulan, maka ditawaqqufkan hingga (suami yang bersumpah ilaa’ itu) menthalaqnya, dan thalaq itu tidak jatuh hingga ia (suami yang bersumpah ilaa’) itu menjatuhkan thalaqnya. [HR. Bukhari]

قَالَ اَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ فِى رِوَايَةِ اَبِى طَالِبٍ، قَالَ عُمَرُ وَ عُثْمَانُ وَ عَلِيٌّ وَ ابْنُ عُمَرَ: يُوْقَفُ اْلمُوْلِى بَعْدَ اْلاَرْبَعَةِ فَاِمَّا اَنْ يَفِيْءَ وَ اِمَّا اَنْ يُطَلّقَ. احمد فى نيل الاوطار 6:287
Ahmad bin Hanbal berkata dalam riwayatnya Abu Thalib : ‘Umar, ‘Utsman, Ali dan Ibnu ‘Umar berkata, “Orang yang bersumpah ilaa’ itu ditawaqqufkan sesudah empat bulan, maka mungkin ia kembali dan mungkin ia menthalak”. [HR. Ahmad. dalam Nailul Authar 6:287]

عَنْ اَنَسٍ رض قَالَ: آلَى رَسُوْلُ اللهِ ص مِنْ نِسَائِهِ وَ كَانَتِ انْفَكَّتْ رِجْلُهُ فَاَقَامَ فِيْ مَشْرُبَةٍ تِسْعًا وَ عِشْرِيْنَ لَيْلَةً، ثُمَّ نَزَلَ، فَقَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، آلَيْتَ شَهْرًا. فَقَالَ: اِنَّ الشَّهْرَ يَكُوْنُ تِسْعًا وَ عِشْرِيْنَ. البخارى 6: 174
Dari Anas bin Malik, ia berkata : Rasulullah SAW pernah mengilaa' istri-istri beliau. Beliau meninggalkan istri-istri beliau, lalu tinggal di sebuah kamar selama 29 hari. Kemudian beliau turun dari tempat tersebut, lalu para shahabat bertanya, "Ya Rasulullah, bukankah engkau mengilaa' satu bulan?". Nabi SAW menjawab, "Ya, bulan ini umurnya 29 hari". [HR. Bukhari juz 6, hal. 174]

عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ قَالَ: لَمَّا اعْتَزَلَ نَبِىُّ اللهِ ص نِسَاءَهُ قَالَ: دَخَلْتُ الْمَسْجِدَ. فَاِذَا النَّاسُ يَنْكُتُوْنَ بِالْحَصَى وَ يَقُوْلُوْنَ: طَلَّقَ رَسُوْلُ اللهِ ص نِسَاءَهُ. وَ ذلِكَ قَبْلَ اَنْ يُؤْمَرْنَ بِالْحِجَابِ. فَقَالَ عُمَرُ فَقُلْتُ: لاَعْلَمَنَّ ذلِكَ الْيَوْمَ. قَالَ: فَدَخَلْتُ عَلَى عَائِشَةَ. فَقُلْتُ: يَا بِنْتَ اَبِى بَكْرٍ، اَقَدْ بَلَغَ مِنْ شَأْنِكِ اَنْ تُؤْذِى رَسُوْلَ اللهِ ص؟ فَقَالَتْ: مَا لِى وَمَا لَكَ يَا ابْنَ الْخَطَّابِ عَلَيْكَ بِعَيْبَتِكَ!
Dari 'Umar bin Khaththab, ia berkata : Ketika Nabiyullah SAW meninggalkan istri-istri beliau, 'Umar berkata, "Aku masuk masjid. Pada waktu itu orang-orang memukul-mukulkan kerikil ke tanah (yang menunjukkan sedang susah dan memikirkan sesuatu), dan mereka mengatakan, "Rasulullah SAW menthalaq istri-istri beliau". Peristiwa itu terjadi sebelum para istri Nabi SAW diperintahkan berhijab. 'Umar berkata : Lalu aku berkata, "Sungguh hari ini aku pasti akan mengetahui perkara itu". Ia berkata, "Lalu aku datang kepada 'Aisyah, aku bertanya, "Wahai putri Abu Bakar, apakah sampai hati engkau menyakiti hati Rasulullah SAW?". 'Aisyah menjawab, "Apa urusanmu denganku wahai Ibnul Khaththab?". Nasehati saja anak perempuanmu itu!".

قَالَ: فَدَخَلْتُ عَلَى حَفْصَةَ بِنْتِ عُمَرَ، فَقُلْتُ لَهَا: يَا حَفْصَةُ، اَقَدْ بَلَغَ مِنْ شَأْنِكِ اَنْ تُؤْذِى رَسُوْلَ اللهِ ص؟ وَ اللهِ، لَقَدْ عَلِمْتِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص لاَ يُحِبُّكِ. وَلَوْلاَ اَنَا لَطَلَّقَكِ رَسُوْلُ اللهِ ص. فَبَكَتْ اَشَدَّ الْبُكَاءِ. فَقُلْتُ لَهَا: اَيْنَ رَسُوْلُ اللهِ ص؟ قَالَتْ: هُوَ فِى خِزَانَتِهِ فِى الْمَشْرُبَةِ.
Lalu aku datang kepada Hafshah binti 'Umar, aku berkata kepadanya, "Hai Hafshah, apakah sampai hati kamu menyakiti hati Rasulullah SAW?". Demi Allah, kamu telah mengetahui bahwa Rasulullah SAW tidak mencintaimu. Seandainya bukan karena aku, tentu Rasulullah SAW telah menceraikan kamu". Maka Hafshah menangis sejadi-jadinya. Lalu aku bertanya kepadanya, "Sekarang Rasulullah SAW dimana?". Ia menjawab, "Beliau di kamar tempat penyimpanan".

فَدَخَلْتُ فَاِذَا اَنَا بِرَبَاحٍ غُلاَمِ رَسُوْلِ اللهِ ص قَاعِدًا عَلَى اُسْكُفَّةِ الْمَشْرُبَةِ مُدَلّ رِجْلَيْهِ عَلَى نَقِيْرٍ مِنْ خَشَبٍ، وَ هُوَ جِذْعٌ يَرْقَى عَلَيْهِ رَسُوْلُ اللهِ ص وَ يَنْحَدِرُ. فَنَادَيْتُ: يَا رَبَاحُ، اِسْتَأْذِنْ لِىْ عِنْدَكَ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص. فَنَظَرَ رَبَاحٌ اِلَى الْغُرْفَةِ، ثُمَّ نَظَرَ اِلَىَّ فَلَمْ يَقُلْ شَيْئًا. ثُمَّ قُلْتُ: يَا رَبَاحُ، اِسْتَأْذِنْ لِىْ عِنْدَكَ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص. فَنَظَرَ رَبَاحٌ اِلَى الْغُرْفَةِ، ثُمَّ نَظَرَ اِلَىَّ فَلَمْ يَقُلْ شَيْئًا. ثُمَّ رَفَعْتُ صَوْتِى فَقُلْتُ: يَا رَبَاحُ، اِسْتَأْذِنْ لِىْ عِنْدَكَ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص. فَاِنّى اَظُنُّ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص ظَنَّ اَنّىْ جِئْتُ مِنْ اَجْلِ حَفْصَةَ. وَ اللهِ لَئِنْ اَمَرَنِى رَسُوْلُ اللهِ ص بِضَرْبِ عُنُقِهَا لاَضْرِبَنَّ عُنُقَهَا. وَرَفَعْتُ صَوْتِى. فَاَوْمَأَ اِلَىَّ اَنِ ارْقَهْ.
Lalu aku masuk, tiba-tiba di situ ada Robah pelayan Rasulullah SAW duduk di pintu kamar dengan menjulurkan kedua kakinya pada tangga dari kayu, yaitu kayu yang dipakai tangga Rasulullah SAW untuk naik maupun turun. Lalu aku memanggilnya, "Hai Robah, tolonglah aku, mintakanlah ijin kepada Rasulullah SAW untuk masuk!". Lalu Robah melihat ke dalam kamar, lalu ia melihat kepadaku dan tidak berkata apa-apa. Kemudian aku berkata lagi, "Hai Robah, mintakanlah aku ijin kepada Rasulullah SAW untuk masuk!". Lalu Robah melihat ke dalam kamar, kemudian ia melihat kepadaku dan tidak berkata apa-apa. Kemudian aku keraskan suaraku, aku berkata, "Hai Robah, mintakanlah aku ijin kepada Rasulullah SAW untuk masuk!". Aku mengira bahwa Rasulullah SAW mengira aku datang karena urusan Hafshah. Demi Allah, sungguh jika Rasulullah SAW menyuruhku supaya memenggal leher Hafshah, pasti aku penggal leher Hafshah. Dan aku keraskan suaraku, lalu Robah mengisyaratkan kepadaku supaya masuk.

فَدَخَلْتُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص وَ هُوَ مُضْطَجِعٌ عَلَى حَصِيْرٍ. فَجَلَسْتُ، فَاَدْنَى عَلَيْهِ اِزَارَهُ، وَ لَيْسَ عَلَيْهِ غَيْرُهُ، وَ اِذَا الْحَصِيْرُ قَدْ اَثَّرَ فِى جَنْبِهِ. فَنَظَرْتُ بِبَصَرِى فِى خِزَانَةِ رَسُوْلِ اللهِ ص، فَاِذَا اَنَا بِقَبْضَةٍ مِنْ شَعِيْرٍ نَحْوِ الصَّاعِ، وَ مِثْلِهَا قَرَظًا فِى نَاحِيَةِ الْغُرْفَةِ وَ اِذَا اَفِيْقٌ مُعَلَّقٌ. قَالَ: فَابْتَدَرَتْ عَيْنَاىَ. قَالَ: مَا يُبْكِيْكَ يَا ابْنَ الْخَطَّابِ؟ قُلْتُ: يَا نَبِىَّ اللهِ، وَمَا لِى لاَ اَبْكِى؟ وَ هذَا الْحَصِيْرُ قَدْ اَثَّرَ فِىْ جَنْبِكَ وَ هذِهِ خِزَانَتُكَ لاَ اَرَى فِيْهَا اِلاَّ مَا اَرَى، وَ ذاكَ قَيْصَرُ وَ كِسْرَى فِى الثّمَارِ وَ اْلاَنْهَارِ، وَ اَنْتَ رَسُوْلُ اللهِ ص وَ صَفْوَتُهُ وَ هذِهِ خِزَانَتُكَ. فَقَالَ: يَا ابْنَ الْخَطَّابِ، اَلاَ تَرْضَى اَنْ تَكُوْنَ لَنَا اْلآخِرَةُ وَ لَهُمُ الدُّنْيَا؟ قُلْتُ بَلَى.
Lalu aku masuk bertemu Rasulullah SAW, pada waktu itu beliau sedang tiduran di atas tikar, lalu aku duduk dan membetulkan kain izaar beliau. Dan beliau hanya memakai izaar, tidak memakai baju. Tiba-tiba aku melihat bekas tikar pada lambung beliau. Aku melihat dengan mataku sendiri di tempat penyimpanan Rasulullah SAW. Tiba-tiba aku melihat seikat gandum kira-kira satu sho'. Juga di sudut kamar aku melihat seikat daun qorodh (daun untuk menyamak kulit). Dan di sana aku melihat kulit kambing yang tergantung, yang belum selesai disamak. 'Umar berkata : Lalu berlinanglah kedua mataku. Nabi SAW bertanya, "Apa yang menyebabkan kamu menangis wahai Ibnul Khaththab?". Aku menjawab, "Ya Nabiyallah, bagaimana aku tidak menangis, tikar itu telah membekas pada lambung tuan. Dan ini tempat penyimpanan tuan, aku tidak melihat padanya melainkan apa yang aku lihat. Sedangkan di sana Kaisar raja Romawi dan Kisra raja Persia bermewah-mewah di istana dengan taman-taman dan sungai-sungai. Padahal engkau adalah autusan Allah dan pilihan-Nya. Dan ini tempat penyimpanan tuan". Lalu Rasulullah SAW bersabda, "Wahai Ibnul Khaththab, apakah kamu tidak ridla kita mendapatkan akhirat, sedangkan mereka mendapatkan dunia?". Aku menjawab, "Ya, aku ridla".

قَالَ: وَ دَخَلْتُ عَلَيْهِ حِيْنَ دَخَلْتُ وَ اَنَا اَرَى فِى وَجْهِهِ الْغَضَبَ، فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَا يَشُقُّ عَلَيْكَ مِنْ شَأْنِ النّسَاءِ؟ فَاِنْ كُنْتَ طَلَّقْتَهُنَّ فَاِنَّ اللهَ مَعَكَ وَ مَلاَئِكَتَهُ وَ جِبْرِيْلَ وَ مِيْكَائِيْلَ وَ اَنَا وَ اَبُو بَكْرٍ وَ الْمُؤْمِنُوْنَ مَعَكَ. وَ قَلَّمَا تَكَلَّمْتُ، وَ اَحْمَدُ اللهَ بِكَلاَمٍ اِلاَّ رَجَوْتُ اَنْ يَكُوْنَ اللهُ يُصَدّقُ قَوْلِى الَّذِى اَقُوْلُ. وَ نَزَلَتْ هذِهِ اْلآيَةُ، آيَةُ التَّخْيِيْرِ. (عَسى رَبُّه اِنْ طَلَّقَكُنَّ اَنْ يُبْدِلَه اَزْوَاجًا خَيْرًا مّنْكُنَّ) (وَ اِنْ تَظَاهَرَا عَلَيْهِ فَاِنَّ اللهَ هُوَ مَوْلاَهُ وَ جِبْرِيْلُ وَ صَالِحُ الْمُؤْمِنِيْنَ، وَ الْمَلئِكَةُ بَعْدَ ذلِكَ ظَهِيْرٌ). وَ كَانَتْ عَائِشَةُ بِنْتُ اَبِى بَكْرٍ وَ حَفْصَةُ تَظَاهَرَانِ عَلَى سَائِرِ نِسَاءِ النَّبِىّ ص. فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اَطَلَّقْتَهُنَّ؟ قَالَ: لاَ. قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنّى دَخَلْتُ الْمَسْجِدَ وَ الْمُسْلِمُوْنَ يَنْكُتُوْنَ بِالْحَصَى، يَقُوْلُوْنَ: طَلَّقَ رَسُوْلُ اللهِ ص نِسَاءَهُ. اَفَاَنْزِلُ فَاُخْبِرَهُمْ اَنَّكَ لَمْ تُطَلّقْهُنَّ؟ قَالَ: نَعَمْ اِنْ شِئْتَ.
'Umar berkata : Ketika aku masuk, aku melihat wajah beliau sedang marah, lalu aku bertanya, "Ya Rasulullah, apakah yang membuat engkau susah karena urusan para wanita itu?. Maka jika engkau menceraikan mereka, sungguh Allah bersama engkau, para malaikat-Nya, Jibril, Mikail, saya, Abu Bakar dan orang-orang mu'min bersama engkau". Dan sedikit sekali aku berbicara, aku memuji Allah, dengan perkataan itu hingga aku berharap Allah membenarkan perkataan yang telah aku ucapkan. Dan turunlah ayat ini, yaitu ayat supaya Nabi SAW memilih (yang artinya) : Jika Nabi menceraikan kamu, boleh jadi Tuhannya akan memberi ganti kepadanya dengan istri-istri yang lebih baik daripada kamu, yang patuh, yang beriman, yang tha'at, yang bertaubat, yang mengerjakan ibadah, yang berpuasa, yang janda dan yang perawan. [QS. At-Tahrim : 5]

Dan Allah juga menurunkan ayat (yang artinya) : Jika kamu berdua bertaubat kepada Allah, maka sesungguhnya hati kamu berdua telah condong (untuk menerima kebaikan); dan jika kamu berdua bantu-membantu menyusahkan Nabi, maka sesungguhnya Allah adalah Pelindungnya dan (begitu pula) Jibril dan orang-orang mukmin yang baik; dan selain dari itu malaikat-malaikat adalah penolongnya pula. [QS. At-Tahrim : 4]

('Umar berkata) : 'Aisyah binti Abu Bakar dan Hafshah, keduanya telah bantu-membantu untuk mempengaruhi istri-istri Nabi SAW. Lalu aku bertanya, "Ya Rasulullah, apakah engkau menceraikan mereka?". Beliau menjawab, "Tidak". Aku berkata, "Ya Rasulullah, sesungguhnya aku masuk masjid, sedangkan kaum muslimin (merasa sedih), mereka memukul-mukulkan kerikil ke tanah. Mereka mengatakan, "Rasulullah SAW menceraikan istri-istri beliau". Apakah diperbolehkan aku turun untuk memberitahu kepada mereka, bahwa engkau tidak menceraikan istri-istri engkau?". Rasulullah SAW menjawab, "Ya, boleh saja jika kamu menghendaki begitu".

فَلَمْ اَزَلْ اُحَدّثُهُ حَتَّى تَحَسَّرَ الْغَضَبُ عَنْ وَجْهِهِ وَ حَتَّى كَشَرَ فَضَحِكَ، وَ كَانَ مِنْ اَحْسَنِ النَّاسِ ثَغْرًا. ثُمَّ نَزَلَ نَبِىُّ اللهِ ص، وَ نَزَلْتُ، فَنَزَلْتُ اَتَشَبَّثُ بِالْجِذْعِ وَ نَزَلَ رَسُوْلُ اللهِ ص كَاَنَّمَا يَمْشِى عَلَى اْلاَرْضِ مَا يَمَسُّهُ بِيَدِهِ. فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنَّمَا كُنْتَ فِى الْغُرْفَةِ تِسْعَةً وَ عِشْرِيْنَ. قَالَ: اِنَّ الشَّهْرَ يَكُوْنُ تِسْعًا وَ عِشْرِيْنَ. فَقُمْتُ عَلَى بَابِ الْمَسْجِدِ فَنَادَيْتُ بِاَعْلَى صَوْتِى: لَمْ يُطَلّقْ رَسُوْلُ اللهِ ص نِسَاءَهُ. وَ نَزَلَتْ هذِهِ اْلآيَةُ (وَ اِذَا جَآءَهُمْ اَمْرٌ مّنَ اْلاَمْنِ اَوِ الْخَوْفِ اَذَاعُوْا بِه، وَلَوْ رَدُّوْهُ اِلَى الرَّسُوْلِ وَ اِلى اُولِى اْلاَمْرِ مِنْهُمْ لَعَلِمَهُ الَّذِيْنَ يَسْتَنْبِطُوْنَه مِنْهُمْ) فَكُنْتُ اَنَا اِسْتَنْبَطْتُ ذلِكَ اْلاَمْرَ، وَ اَنْزَلَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ آيَةَ التَّخْيِيْرِ. مسلم 2: 1105
Tidak henti-hentinya aku menceritakannya sehingga hilanglah kemarahan dari wajah beliau, sehingga beliau tersenyum dan tertawa. Dan beliau adalah orang yang paling baik gigi depannya. Kemudian Nabiyullah SAW turun, dan akupun juga turun. Aku turun dari tangga dengan berpegangan pada kayu, sedangkan Rasulullah SAW seolah-olah berjalan di tanah tanpa berpegangan. Lalu aku berkata, "Ya Rasulullah, sesungguhnya engkau di dalam kamar baru 29 hari". Beliau SAW bersabda, "Sesungguhnya bulan ini umurnya 29 hari". Lalu aku berdiri di pintu masjid, aku mengumumkan dengan sekeras suaraku, "Rasulullah SAW tidak menceraikan istri-istri beliau". Dan turunlah ayat ini (yang artinya) : Dan apabila datang kepada mereka suatu berita tentang keamanan atau pun ketakutan, mereka lalu menyiarkannya. Dan kalau mereka menyerahkannya kepada Rasul dan Ulil Amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya dari mereka (Rasul dan Ulil Amri). Kalau tidaklah karena karunia dan rahmat Allah kepada kamu, tentulah kamu mengikut syaithan, kecuali sebahagian kecil saja (di antaramu). [QS. An-Nisaa' : 83].

Maka aku adalah orang yang ingin mengetahui kebenaran berita tentang perkara itu. Dan Allah 'Azza wa Jalla menurunkan ayat agar memilih (yaitu QS. Al-Ahzaab : 28-29, yang artinya : Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, "Jika kamu sekalian mengingini kehidupan dunia dan perhiasannya, maka marilah supaya kuberikan kepadamu mut'ah dan aku ceraikan kamu dengan cara yang baik. (28) Dan jika kamu sekalian menghendaki (keridlaan) Allah dan Rasul-Nya serta (kesenangan) di negeri akhirat, maka sesungguhnya Allah menyediakan bagi siapa yang berbuat baik di antaramu pahala yang besar. (29)". [HR. Muslim juz 2, hal. 1105, no. 30]

Keterangan :
  1. Menurut riwayat Muslim, Rasulullah SAW pernah meng-ilaa’ istri-istri beliau (menjauhkan diri dari istri-istri beliau) selama 1 bulan (29 hari). 
  2. Perlu diketahui bahwa di jaman jahiliyah suami kadang meng-ilaa’ istrinya sampai 1 atau 2 tahun, bahkan tidak terbatas. Maka Allah Yang Maha Bijaksana mengijinkan (membatasi) ilaa’ itu hanya 4 bulan. 


سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Perintah Orang Tua Yang Tidak Boleh Ditaati

Hadits Tentang Walimah

Hadits Tentang Khitan

Shalat Sunnah Intidhar

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan