Featured Post

Cobaan Hidup

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Para nabi itu ujian hidup mereka paling berat, pedih dan mengerikan. Benar, untuk mengetahui ketaatan seorang hamba dihadapan Allah, diberikan kepada kita serangkaian ujian. Dunia yang sementara ini adalah tempat cobaan dan bekerja. Nabi Ibrahim adalah teladan terbaik bagi manusia dalam banyak ujian dan cobaan. Menghadapi orang tua yang musyrik, kaum yang angkuh bahkan penguasa yang dzalim. Dilempar dalam api yang berkobar, pengembara berpindah-pindah tempat tinggal dan 'meninggalkan' istri serta anak 'Ismail' di lembah Mekkah yang tandus dan tak ada tanda-tanda kehidupan.

Tata Tertib Sholat Jumat

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Waktu Shalat Jumat

عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يُصَلّى اْلجُمُعَةَ حِيْنَ تَمِيْلُ الشَّمْسُ. البخارى 1: 217
Dari Anas bin Malik RA, bahwasanya Nabi SAW shalat Jum’at ketika matahari sudah tergelincir. [HR. Bukhari juz 1, hal. 217]

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ كُنَّا نُصَلّى مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص ثُمَّ نَرْجِعُ فَنُرِيْحُ نَوَاضِحَنَا قَالَ حَسَنٌ فَقُلْتُ لِجَعْفَرٍ فِي أَيّ سَاعَةٍ تِلْكَ؟ قَالَ زَوَالَ الشَّمْسِ. مسلم 2: 588
Dari Jabir bin ‘Abdullah, ia berkata : Dahulu kami shalat bersama Rasulullah SAW, kemudian kami pulang, lalu mengistirahatkan unta-unta kami”. Hasan berkata, Aku bertanya kepada Ja’far, “Sa’at apa ketika itu?”. Ja’far menjawab, “Sa’at matahari tergelincir”. [HR. Muslim juz 2, hal. 588]

عَنْ اِيَاسِ بْنِ سَلَمَةَ بْنِ اْلاَكْوَعِ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ كُنَّا نُجَمّعُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص اِذَا زَالَتِ الشَّمْسُ ثُمَّ نَرْجِعُ نَتَتَبَّعُ الْفَيْءَ. مسلم 2: 589
Dari Iyas bin Salamah bin Akwa’, dari bapaknya, ia berkata, “Dahulu kami shalat Jum’at bersama Rasulullah SAW ketika matahari telah tergelincir, kemudian kami pulang dengan mengikuti bayang-bayang (tempat teduh)”. [HR. Muslim juz 3, hal. 589]

Adzan Pada Hari Jum’at

عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدَ قَالَ: كَانَ النّدَاءُ يَوْمَ اْلجُمُعَةِ اَوَّلُهُ اِذَا جَلَسَ اْلاِمَامُ عَلَى اْلمِنْبَرِ عَلَى عَهْدِ النَّبِيّ ص وَ اَبِى بَكْرٍ وَ عُمَرَ رض، فَلَمَّا كَانَ عُثْمَانُ رض وَ كَثُرَ النَّاسُ زَادَ النّدَاءَ الثَّالِثَ عَلَى الزَّوْرَاءِ. البخارى 1: 219
Dari Saib bin Yazid, ia berkata, “Dahulu Adzan hari Jum’at pada awwalnya yaitu pada masa Nabi SAW, Abu Bakar dan ‘Umar RA adalah apabila imam sudah di atas mimbar. Kemudian setelah pada masa ‘Utsman RA, dan orang-orang sudah bertambah banyak, ia menambah adzan yang ketiga di Zauraa’ “. [HR. Bukhari juz 1, hal. 219]

عَنِ ابْنِ شِهَابٍ اَنَّ السَّائِبَ بْنَ يَزِيْدَ اَخْبَرَهُ اَنَّ التَّأْذِيْنَ الثَّانِيَ يَوْمَ اْلجُمُعَةِ اَمَرَ بِهِ عُثْمَانُ بْنُ عَفَّانَ رض حِيْنَ كَثُرَ اَهْلُ اْلمَسْجِدِ وَ كَانَ التَّأْذِيْنُ يَوْمَ اْلجُمُعَةِ حِيْنَ يَجْلِسُ اْلاِمَامُ. البخارى 1: 219
Dari Ibnu Syihab bahwasanya Saib bin Yazid menceritakan kepadanya, bahwasanya adzan yang kedua pada hari Jum’at yang ‘Utsman bin ‘Affan RA perintahkan adalah ketika orang-orang yang akan datang ke masjid bertambah banyak, dan dahulu adzan untuk hari Jum’at itu ketika imam sudah duduk (di atas mimbar). [HR. Bukhari juz 1, hal. 219]

عَنِ الزُّهْرِيّ قَالَ: سَمِعْتُ السَّائِبَ بْنَ يَزِيْدَ يَقُوْلُ اِنَّ اْلاَذَانَ يَوْمَ اْلجُمُعَةِ كَانَ اَوَّلُهُ حِيْنَ يَجْلِسُ اْلاِمَامُ يَوْمَ اْلجُمُعَةِ عَلَى اْلمِنْبَرِ فِى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ ص وَ اَبِى بَكْرٍ وَ عُمَرَ رض. فَلَمَّا كَانَ فِى خِلاَفَةِ عُثْمَانَ رض وَ كَثُرُوْا اَمَرَ عُثْمَانُ يَوْمَ اْلجُمُعَةِ بِاْلاَذَانِ الثَّالِثِ فَاُذّنَ بِهِ عَلَى الزَّوْرَاءِ فَثَبَتَ اْلاَمْرُ عَلَى ذلِكَ. البخارى 1: 219
Dari Zuhriy, ia berkata : Aku mendengar Saib bin Yazid berkata : Sesungguhnya adzan pada hari Jum’at pada awalnya adalah ketika imam sudah duduk di atas mimbar pada hari Jum’at, pada masa Rasulullah SAW, Abu bakar dan ‘Umar RA. Kemudian pada masa khalifah ‘Utsman (bin ‘Affan RA), dan ummat Islam sudah banyak, Khalifah ‘Utsman menyuruh pada hari Jum’at untuk adzan yang ketiga. Maka dilakukan adzan di zaura’. Lalu keadaan itu berlanjut seperti itu. [HR. Bukhari juz 1, hal. 219]

Keterangan :
  1. Yang dimaksud adzan ketiga adalah adzan yang dilakukan sebelum khathib berada di atas mimbar. Dikatakan adzan ketiga (seruan ketiga) karena sebelum masa khalifah ‘Utsman sudah ada dua seruan. Seruan pertama yaitu adzan ketika imam sudah duduk di mimbar. Seruan kedua yaitu iqamah ketika khathib sudah turun dari mimbar akan dilaksanakan shalat Jum’at.
  2. Zauraa’ adalah nama suatu tempat di pasar Madinah.

    Larangan Menyuruh Orang Untuk Berdiri

    عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض يَقُوْلُ: نَهَى النَّبِيُّ ص اَنْ يُقِيْمَ الرَّجُلُ اَخَاهُ مِنْ مَقْعَدِهِ وَ يَجْلِسَ فِيْهِ. قُلْتُ لِنَافِعٍ: اْلجُمُعَةَ؟ قَالَ: اْلجُمُعَةَ وَ غَيْرَهَا. البخارى 1: 218
    Dari Ibnu ‘Umar RA, ia berkata, “Nabi SAW melarang seseorang membangunkan saudaranya dari tempat duduknya, lalu ia duduk di situ”. Aku (Ibnu Juraij) bertanya kepada Nafi’, “Apakah diwaktu shalat Jum’at?”. Ia menjawab, “Jum’at dan yang lain”. [HR. Bukhari juz 1, hal. 218]

    Diam Ketika Imam Sedang Berkhutbah

    عَنِ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ اَخْبَرَنِى سَعِيْدُ بْنُ اْلمُسَيَّبِ اَنَّ اَبَا هُرَيْرَةَ اَخْبَرَهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ اْلجُمُعَةِ اَنْصِتْ وَ اْلاِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ. البخارى 1: 224
    Dari Ibnu Syihab, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepadaku Sa’id bin Musayyab bahwasanya Abu Hurairah mengkhabarkan kepadanya bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kamu berkata kepada temanmu, “Diam”, ketika imam berkhutbah, maka sungguh kamu telah berbuat sia-sia”. [HR. Bukhari juz 1, hal. 224]

    عَنْ سَعِيْدِ بْنِ اْلمُسَيَّبِ اَنَّ اَبَا هُرَيْرَةَ اَخْبَرَهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ اَنْصِتْ يَوْمَ اْلجُمُعَةِ وَ اْلاِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ. مسلم 2: 583
    Dari Sa’id bin Musayyab bahwasanya Abu Hurairah mengkhabarkan kepadanya bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kamu berkata kepada temanmu “Diam”, pada hari Jum’at ketika imam sedang berkhutbah, maka sungguh kamu telah berbuat sia-sia”. [HR. Muslim juz 2, hal. 583]

    عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: مَنِ اغْتَسَلَ ثُمَّ اَتَى اْلجُمُعَةَ فَصَلَّى مَا قُدّرَ لَهُ ثُمَّ اَنْصَتَ حَتَّى يَفْرُغَ مِنْ خُطْبَتِهِ ثُمَّ يُصَلّى مَعَهُ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَ بَيْنَ اْلجُمُعَةِ اْلاُخْرَى وَ فَضْلُ ثَلاَثَةِ اَيَّامٍ. مسلم 2: 587
    Dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW beliau bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at, lalu berangkat ke shalat Jum’at, lalu ia shalat (sunnah) semampunya, kemudian diam hingga khutbah selesai, kemudian dia ikut shalat bersama imam, maka diampuni baginya apa yang terjadi antara Jum’at itu dengan Jum’at berikutnya, dan ditambah tiga hari”. [HR.Muslim juz 2, hal. 587]

    عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ تَوَضَّأَ فَاَحْسَنَ اْلوُضُوْءَ ثُمَّ اَتَى اْلجُمُعَةَ فَاسْتَمَعَ وَ اَنْصَتَ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَ بَيْنَ اْلجُمُعَةِ وَ زِيَادَةُ ثَلاَثَةِ اَيَّامٍ. وَ مَنْ مَسَّ اْلحَصَى فَقَدْ لَغَا. مسلم 2: 588
    Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa berwudlu dengan memperbagus wudlunya, kemudian datang ke shalat Jum’at, lalu ia mendengarkan dan diam, maka diampuni baginya apa yang terjadi antara Jum’at itu dengan Jum’at berikutnya, dan ditambah tiga hari. Dan barangsiapa yang bermain-main dengan kerikil, sungguh dia telah berbuat sia-sia”. [HR. Muslim juz 2, hal. 588]

    Khutbah Dengan Berdiri

    عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص يَخْطُبُ قَائِمًا ثُمَّ يَقْعُدُ ثُمَّ يَقُوْمُ كَمَا تَفْعَلُوْنَ اْلآنَ. البخارى 1: 221
    Dari Ibnu ‘Umar RA, ia berkata, “Adalah Nabi SAW berkhutbah dengan berdiri, kemudian duduk, kemudian berdiri (lagi) sebagaimana yang kalian lakukan sekarang ini”. [HR. Bukhari juz 1, hal. 221]

    عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص يَخْطُبُ خُطْبَتَيْنِ يَقْعُدُ بَيْنَهُمَا. البخارى 1: 223
    Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, ia berkata, “Adalah Nabi SAW berkhutbah dua kali, dan beliau duduk diantara kedua khutbah tersebut”. [HR. Bukhari juz 1, hal. 223]

    عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ: كَانَتْ لِلنَّبِيّ ص خُطْبَتَانِ يَجْلِسُ بَيْنَهُمَا يَقْرَاُ اْلقُرْانَ وَ يُذَكّرُ النَّاسَ. مسلم 2: 589
    Dari Jabir bin ‘Abdullah, ia berkata, “Adalah Nabi SAW melakukan dua khutbah, beliau duduk antara keduanya, beliau membaca Al-Qur’an dan mengingatkan manusia”. [HR. Muslim juz 2, hal. 589]

    عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يَخْطُبُ قَائِمًا، ثُمَّ يَجْلِسُ، ثُمَّ يَقُوْمُ فَيَخْطُبُ قَائِمًا فَمَنْ نَبَّأَكَ اَنَّهُ كَانَ يَخْطُبُ جَالِسًا فَقَدْ كَذَبَ. فَقَدْ وَ اللهِ صَلَّيْتُ مَعَهُ اَكْثَرَ مِنْ اَلْفَيْ صَلاَةٍ. مسلم 2: 589
    Dari Jabir bin Samurah bahwasanya Rasulullah SAW berkhutbah dengan berdiri, kemudian duduk, kemudian berdiri, lalu berkhutbah dengan berdiri. Barangsiapa memberitahukan kepadamu bahwa beliau berkhutbah dengan duduk, maka ia benar-benar berdusta. Demi Allah, aku telah shalat bersama beliau lebih dari dua ribu kali. [HR. Muslim juz 2, hal. 589]

    Makmum Meninggalkan Khathib

    عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: بَيْنَمَا نَحْنُ نُصَلّى مَعَ النَّبِيّ ص اِذْ اَقْبَلَتْ عِيْرٌ تَحْمِلُ طَعَامًا فَالْتَفَتُوْا اِلَيْهَا حَتَّى مَا بَقِيَ مَعَ النَّبِيّ ص اِلاَّ اثْنَا عَشَرَ رَجُلاً فَنَزَلَتْ هذِهِ اْلآيَةُ (وَ اِذَا رَاَوْا تِجَارَةً اَوْ لَهْوًا انْفَضُّوْآ اِلَيْهَا وَ تَرَكُوْكَ قَائِمًا). البخارى 1: 225
    Dari Jabir bin ‘Abdullah, ia berkata : Ketika kami shalat bersama Nabi SAW, tiba-tiba datanglah kafilah yang membawa (bahan) makanan, lalu orang-orang menuju kepadanya, sehingga tidak tinggal bersama Nabi SAW kecuali dua belas orang laki-laki. Kemudian turunlah ayat (yang artinya) : Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya. Dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhutbah). [HR. Bukhari juz 1, hal. 225]

    عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَخْطُبُ قَائِمًا يَوْمَ اْلجُمُعَةِ، فَجَاءَتْ عِيْرٌ مِنَ الشَّامِ فَانْفَتَلَ النَّاسُ اِلَيْهَا حَتَّى لَمْ يَبْقَ اِلاّ اثْنَا عَشَرَ رَجُلاً. فَاُنْزِلَتْ هذِهِ اْلآيَةُ الَّتِى فِي اْلجُمُعَةِ (وَ اِذَا رَاَوْا تِجَارَةً اَوْ لَهْوًا انْفَضُّوْآ اِلَيْهَا وَ تَرَكُوْكَ قَائِمًا). مسلم 2: 590
    Dari Jabir bin ‘Abdullah bahwasanya Nabi SAW ketika berdiri berkhutbah pada hari Jum’at, tiba-tiba datang kafilah dari Syam, maka orang-orang menuju kepadanya, sehingga tidak tinggal (bersama Nabi) kecuali dua belas orang laki-laki. Kemudian diturunkanlah ayat yang ada dalam surat Jum’at (yang artinya) Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya. Dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhutbah). [HR. Muslim juz 2, hal. 590]

    Khutbah dan shalat Jum’at

    عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ: كُنْتُ اُصَلّى مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص فَكَانَتْ صَلاَتُهُ قَصْدًا وَ خُطْبَتُهُ قَصْدًا. مسلم 2: 591
    Dari Jabir bin Samurah, ia berkata, “Aku pernah shalat bersama Rasulullah SAW, adalah shalat beliau sedang-sedang saja, dan khuthbah beliau sedang-sedang saja”. [HR. Muslim juz 2, hal. 591]

    عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا خَطَبَ احْمَرَّتْ عَيْنَاهُ وَ عَلاَ صَوْتُهُ وَ اشْتَدَّ غَضَبُهُ حَتَّى كَاَنَّهُ مُنْذِرُ جَيْشٍ يَقُوْلُ صَبَّحَكُمْ وَ مَسَّاكُمْ، وَ يَقُوْلُ بُعِثْتُ اَنَا وَ السَّاعَةُ كَهَاتَيْنِ وَ يَقْرُنُ بَيْنَ اِصْبَعَيْهِ السَّبَّابَةِ وَ اْلوُسْطَى وَ يَقُوْلُ: اَمَّا بَعْدُ، فَاِنَّ خَيْرَ اْلحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَ خَيْرُ اْلهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ، وَ شَرُّ اْلاُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا. وَ كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ. ثُمَّ يَقُوْلُ اَنَا اَوْلَى بِكُلّ مُؤْمِنٍ مِنْ نَفْسِهِ. مَنْ تَرَكَ مَالاً فَـِلاَهْلِهِ، وَ مَنْ تَرَكَ دَيْنًا اَوْ ضَيَاعًا فَاِلَيَّ وَ عَلَيَّ. مسلم 2: 592
    Dari Jabir bin ‘Abdullah, ia berkata : Adalah Rasulullah SAW ketika berkhutbah, memerah kedua mata beliau, tinggi suaranya, dan sangat marah, sehingga seolah-olah beliau komandan pasukan yang mengomando, “Musuh akan menyerang kalian pada waktu pagi dan petang”. Dan beliau bersabda, “Aku diutus antaraku dan hari qiyamat seperti dua jari ini”. Beliau mengisyaratkan dengan jari tengah dan jari telunjuk, dan beliau bersabda, “Adapun sesudah itu, sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah Kitab Allah, dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad, dan seburuk-buruk perkara adalah yang diada-adakan, dan setiap bid’ah itu adalah sesat”. Kemudian beliau bersabda, “Aku lebih berhaq terhadap orang mukmin daripada dirinya. Barangsiapa yang meninggalkan harta, maka itu untuk keluarganya. Dan barangsiapa meninggalkan hutang atau keluarga yang terlantar, maka akulah yang menanggung”. [HR.Muslim juz 2, hal. 592]

    Bacaan Surat Pada Shalat Jum’at

    عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيْرٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَقْرَأُ فِى اْلعِيْدَيْنِ وَ فِى اْلجُمُعَةِ بِسَبّحِ اسْمَ رَبّكَ اْلاَعْلى وَ هَلْ اَتَاكَ حَدِيْثُ اْلغَاشِيَةِ. قَالَ: وَ اِذَا اجْتَمَعَ اْلعِيْدُ وَ اْلجُمُعَةُ فِى يَوْمٍ وَاحِدٍ يَقْرَأُ بِهِمَا اَيْضًا فِى الصَّلاَتَيْنِ. مسلم 2: 598
    Dari Nu’man bin Basyir, ia berkata : Dahulu Rasulullah SAW pernah membaca pada dua shalat, yaitu shalat ‘ied dan shalat Jum’at : Sabbihisma rabbikal a’laa dan Hal ataaka hadiitsul ghoosyiyah. Dan apabila berkumpul hari Jum’at dengan hari raya dalam satu hari, beliau membaca kedua surat itu juga dalam kedua shalat itu”. [HR. Muslim juz 2, hal. 598]

    عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: كَتَبَ الضَّحَّاكُ بْنُ قَيْسٍ اِلَى النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيْرٍ يَسْأَلُهُ اَيَّ شَيْءٍ قَرَاَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَوْمَ اْلجُمُعَةِ سِوَى سُوْرَةِ اْلجُمُعَةِ. فَقَالَ: كَانَ يَقْرَأُ هَلْ اَتَاكَ. مسلم 2: 598
    Dari ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah, ia berkata : Adl-Dlahhaak bin Qais pernah mengirim surat kepada Nu’man bin Basyir menanyakan sesuatu yang Rasulullah SAW baca pada hari Jum’at selain surat Jum’ah. Maka ia menjawab, “Dahulu beliau membaca Hal ataaka”. [HR. Muslim juz 2, hal. 598]

    عَنِ ابْنِ اَبِى رَافِعٍ قَالَ: اسْتَخْلَفَ مَرْوَانُ اَبَا هُرَيْرَةَ عَلَى اْلمَدِيْنَةِ وَ خَرَجَ اِلَى مَكَّةَ فَصَلَّى لَنَا اَبُوْ هُرَيْرَةَ اْلجُمُعَةَ فَقَرَأَ بَعْدَ سُوْرَةِ اْلجُمُعَةِ فِى الرَّكْعَةِ اْلاخِرَةِ: اِذَا جَآءَكَ اْلمُنفِقُوْنَ. قَالَ: فَاَدْرَكْتُ اَبَا هُرَيْرَةَ حِيْنَ انْصَرَفَ فَقُلْتُ لَهُ: اِنَّكَ قَرَأْتَ بِسُوْرَتَيْنِ كَانَ عَلِيُّ بْنُ اَبِى طَالِبٍ يَقْرَأُ بِهِمَا بِاْلكُوْفَةِ. فَقَالَ اَبُوْ هُرَيْرَةَ: اِنّى سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقْرَأُ بِهِمَا يَوْمَ اْلجُمُعَةِ. مسلم 2: 597
    Dari Ibnu Abi Rafi’ ia berkata : Marwan mengangkat Abu Hurairah untuk menjadi wali di Madinah. Dan ketika Marwan ke Makkah, lalu Abu Hurairah shalat Jum’at mengimami kami, kemudian pada rekaat pertama ia membaca surat Al-Jum’ah, dan pada rekaat kedua membaca surat Idzaa jaa-akal munaafiquun. Ibnu Abi Rafi’ berkata : Setelah selesai, aku menemui Abu Hurairah, lalu aku berkata kepadanya, “Sesungguhnya kamu tadi membaca dua surat yang sama seperti dahulu ‘Ali bin Abu Thalib membacanya di Kufah”. Maka Abu Hurairah berkata, “Sesungguhnya aku pernah mendengar Rasulullah SAW membaca keduanya pada hari Jum’at”. [HR. Muslim juz 2, hal. 597]

    عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص يَقْرَأُ فِى اْلجُمُعَةِ فِى صَلاَةِ اْلفَجْرِ الم تَنْزِيْلُ السَّجْدَةَ وَ هَلْ اَتَى عَلَى اْلاِنْسَانِ، حِيْنٌ مِنَ الدَّهْرِ. البخارى 1: 214
    Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, “Adalah Nabi SAW membaca Alif laam miim, tanziil (As-sajdah), dan Hal ataa ‘alal insaani hiinun minad dahri (Al-Insaan) pada shalat Shubuh di hari Jum’at”. [HR. Bukhari juz 1, hal. 214]

    Mengangkat Dua Tangan Ketika Berdoa Mohon Hujan

    عَنْ اَنَسٍ قَالَ: بَيْنَمَا النَّبِيُّ ص يَخْطُبُ يَوْمَ اْلجُمُعَةِ اِذْ قَامَ رَجُلٌ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ هَلَكَ اْلكُرَاعُ وَ هَلَكَ الشَّاءُ فَادْعُ اللهَ اَنْ يَسْقِيَنَا. فَمَدَّ يَدَيْهِ وَ دَعَا. البخارى 1: 223
    Dari Anas, ia berkata : Dahulu Nabi SAW ketika berkhutbah pada hari Jum’at, tiba-tiba ada seorang laki-laki berdiri dan berkata, “Ya Rasulullah, kuda banyak yang binasa, kambing-kambing juga telah binasa. Maka berdoalah kepada Allah agar memberikan hujan kepada kami”. Maka beliau lalu mengangkat kedua tangan beliau dan berdoa. [HR. Bukhari juz 1, hal. 223]

    Berdoa Dengan Berisyarat Jari Telunjuk

    عَنْ عُمَارَةَ بْنِ رُؤَيْبَةَ قَالَ رَاَى بِشْرَ بْنَ مَرْوَانَ عَلَى اْلمِنْبَرِ رَافِعًا يَدَيْهِ فَقَالَ: قَبَّحَ اللهُ هَاتَيْنِ اْليَدَيْنِ، لَقَدْ رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص مَا يَزِيْدُ عَلَى اَنْ يَقُوْلَ بِيَدِهِ هكَذَا، وَ اَشَارَ بِاِصْبَعِهِ اْلمُسَبّحَةِ. مسلم 2: 595
    Dari ‘Umarah bin Ruaibah ia mengatakan bahwa ia melihat Bisyr bin Marwan di atas mimbar mengangkat kedua tangannya (dalam berdoa), kemudian ‘Umarah berkata, “Semoga Allah memburukkan kedua tanganmu itu. Sungguh aku melihat Rasulullah SAW tidak lebih dari melakukan dengan tangannya begini”, ia mengisyaratkan dengan jari telunjuknya. [HR. Musim juz 2, hal. 595]

    Shalat sunnah sesudah Jum’at

    عَنْ اَبِىْ هُرَ يْرَةَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِذَا صَلَّى اَحَدُكُمُ اْلجُمُعَةَ فَلْيُصَلّ بَعْدَهَا اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ. الجماعة الا البخارى
    Dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Nabi SAW pernah bersabda : "Apabila seseorang diantara kalian shalat Jum'ah, maka hendaklah shalat sesudahnya 4 raka'at". [HR Jama'ah, kecuali Bukhari].

    عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يُصَلّى بَعْدَ اْلجُمُعَةِ رَكْعَتَيْنِ فِى بَيْتِهِ. الجماعة
    Dari Ibnu 'Umar RA, bahwasanya Nabi SAW biasa shalat sesudah Jum'ah 2 raka'at di rumahnya. [HR. Jama'ah].

    Keterangan :
    Shalat sunnah sesudah Jum'ah, Nabi SAW mengerjakannya 2 raka'at di rumahnya. Sedang menurut hadits yang pertama shalat ba'diyah Jum'ah itu 4 raka'at, maka ini bisa diambil pengertian bahwa yang 4 raka'at itu dikerjakan di masjid.

    baca sebelumnya terkait Seputar Hari Jumat

    Wallahu a'lamu bishawab.

    سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

    Tren Blog

    Hadits Tentang Khitan

    Fadlilah Dzikir Laa Ilaaha Illallaah

    Perintah Orang Tua Yang Tidak Boleh Ditaati

    Hadits Tentang Talaq

    Shalat Sunnah Intidhar

    Blog Populer

    Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

    Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

    Hadits Tentang Khitan