Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Makna Kemerdekaan Sejati

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Merdeka!!!

Agustus adalah bulan istimewa bagi negeri kita, berhias dan meriah di tiap-tiap sudut gerbang dan jalan-jalan kampung kita. Alhamdulillah, Agustus ini kita akan merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun. Tak cukup kita hanya 'merayakan' kemerdekaan, tanpa memaknainya.

Makna dari kemerdekaan ini sesungguhnya bahwa Indonesia bebas dari penjajahan bahkan bebas dari intervensi negara lain. Merdeka merupakan satu kata yang menjabarkan 'kebebasan', tidak bergantung, dan independen.

Negara kita telah mendeklarasikan sebagai bangsa yang merdeka. Kemerdekaan Indonesia telah diakui secara de jure dan de facto oleh negara tetangga bahkan dunia.

Merdeka itu bukan kebebasan tanpa batas. Kemerdekaan sejati dalam Islam adalah ketundukan total kepada kuasa Ilahi dan melepaskan diri dari jeratan nafsu. Benar, tak ada seseorang yang akan merdeka kecuali hamba Allah. Akidah adalah identitas kita, tauhid merupakan kebangsaan dan mengkhususkan ibadah adalah satu-satunya paspor menuju kemuliaan surga-Nya, tempat kembali paling merdeka.

Saat kita terbebas dari seluruh belenggu setan dan hawa nafsu, lalu mengembalikan seluruhnya kepada aturan Allah Swt, di sanalah kita benar-benar mendapatkan kemerdekaan kita. Kemerdekaan yang akan melahirkan kekuatan dahsyat. Hanya bergantung kepada Allah Swt menjadikan dua imperium besar saat itu, Persia dan Romawi, ditundukkan diawal sejarah para sahabat Nabi. Merdeka!!!

Wallahu a'lamu bishawab.

(Ust. M. Iqbal - uniba)


سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Khitan

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Perintah Orang Tua Yang Tidak Boleh Ditaati

Fadlilah Dzikir Laa Ilaaha Illallaah

Shalat Sunnah Intidhar

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan