Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Taubat Kepada Allah Swt

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Manusia adalah makhluk mulia, diciptakan dengan sangat sempurna. Manusia mampu membedakan mana yang baik dan buruk, mana yang mulia dan hina serta mana yang halal dan haram. Manusia mendapat karunia terbaik berupa akal, kejiwaan dan berkomunikasi supaya tidak sesat jalan hidupnya.

Manusia diberikan kebebasan berkehendak 'iradat' atau karsa. Manusia bukanlah budak hawa nafsu, tetapi pandu yang bisa mengatur hawa nafsu meraih kemuliaan. Pilihan hidup manusia bersumber dari jiwanya. Bila bersih jiwanya maka kemuliaanlah yang hadir, namun bila kotor jiwanya maka kebusukanlah yang nampak.
Puasa adalah metode yang luar biasa untuk memproses manusia menjadi manusia terbaik, 'ahsani taqwiim'. Puasa adalah pembersihan jiwa yang mengajarkan betapa sia-sianya materi, kekayaan, pangkat dan popularitas yang selama ini kita kejar habis-habisan. Puasa mampu membawa kita mengambil jarak dari segala sesuatu selain ALLAH yang selama ini menenggelamkan kita.

فَٱذۡكُرُونِيٓ أَذۡكُرۡكُمۡ وَٱشۡكُرُواْ لِي وَلَا تَكۡفُرُونِ ١٥٢ 
Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku (QS. AlBaqarah 152)

Manusia mengawali hidupnya dengan kesucian, 'fitrah'. Berjalannya waktu dan usia berdatangan kesalahan, dosa dan khilaf. Menjadi hitam-putih, baik dan buruk. Setiap hari terjadi peperangan batin antara yang baik dan yang buruk. Siapakah yang menjadi pemenang, kitalah yang paling tahu, karena ada nurani, hati yang bercahaya...!!!

Saudaraku,

Penyesalan, perasaan bersalah, merasa tidak layak akan muncul pada diri kita saat keburukan menjadi pemenang. 

Yakinilah puasa adalah syariah yang menghadirkan rahmat, kasih sayang Allah. Inilah waktu terbaik bagi manusia yang merindukan kebaikan dan kemuliaan. Nyalakan energi nurani dan jernihkan jiwa yang kusam. 

Puasa bisa membantu kita merengkuh kebahagiaan, ketenangan, kebaikan dan 'al Firdaus'. Renungkan doa nabi Adam kepada Allah, sehingga dibukakanlah pintu langit dan turunnya kemuliaan.

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمۡنَآ أَنفُسَنَا وَإِن لَّمۡ تَغۡفِرۡ لَنَا وَتَرۡحَمۡنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ ٱلۡخَٰسِرِينَ 

23. Keduanya berkata: "Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi (QS AlA'raf 23)

Allahu a'lamu bishowab
9 Ramadhan 1440H

سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Khitan

Fadlilah Dzikir Laa Ilaaha Illallaah

Shalat Sunnah Intidhar

Hadits Tentang Walimah

Hadits Tentang Shalat Idul Fithri Dan Idul Adlha

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan