Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Mendidik Anak


بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Hidup adalah perjalanan. Ada orang yang hidupnya lurus-lurus saja, ada pula yang perjalanan hidupnya berliku-liku. Ada kehidupan bagaikan sungai yang manfaatnya luas. Hadir juga yang seperti kanal, laju hidupnya pelan tapi dalam. Bahkan banyak yang lalu lintas kehidupannya keruh, seperti dalam gorong-gorong.

Sungguh Allah-lah pemilik sekaligus pengatur lalu lintas perjalanan kehidupan manusia. Perjalanan dari Tuhan, menuju Tuhan. Inilah perjalanan pulang-pergi, Innaa liLlahi wa innaa ilaihi raaji'uun.

Saat menatap anak-anak kita, pernahkah terpikir tentang harapan yang tertuju untuk perjalanan kehidupan kita. Adakah keyakinan bahwa anak-anak kita akan memberikan kebahagiaan.
Banyak orang tua menangis sengsara, anak-anak mereka ternyata tak bisa memberikan penghormatan layak, apalagi membalas budi kebaikan orang tua. Sering orang tua tertipu saat berhadapan dengan anak-anak mereka. Anak yang diharapkan bisa membantu perjalanan menuju surga, kesalahan mendidik menjadikan mereka musuh orang tua, di dunia, di akherat bahkan dunia-akherat.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِنَّ مِنۡ أَزۡوَٰجِكُمۡ وَأَوۡلَٰدِكُمۡ عَدُوّٗا لَّكُمۡ فَٱحۡذَرُوهُمۡۚ وَإِن تَعۡفُواْ وَتَصۡفَحُواْ وَتَغۡفِرُواْ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٞ رَّحِيمٌ 
إِنَّمَآ أَمۡوَٰلُكُمۡ وَأَوۡلَٰدُكُمۡ فِتۡنَةٞۚ وَٱللَّهُ عِندَهُۥٓ أَجۡرٌ عَظِيمٞ  
Hai orang-orang mukmin, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah-lah pahala yang besar (QS. At Taghabun 14-15)


Alangkah sia-sia kebanggaan atas prestasi anak-anak kita dengan keberhasilan dunia yang diraih, namun hati mereka tak terpaut dengan Allah SWT. Sehingga tidak ada dalam kamus mereka mencintaiNYA dengan ilmu, iman dan amal sholeh.

Allah memang jadikan indah pandangan kecintaan pada istri, anak-anak, tanah yang luas dan kendaraan yang nyaman. Adalah fitrah, mencintai anak-anak, berharap mereka menjadi kendaraan kita untuk mencapai perjalanan kebaikan. Berhenti sejenak perlu dilakukan, meluruskan niat dan introspeksi tujuan perjalanan perlu dilakukan agar letih penat kita membersamai anak-anak tidaklah sia-sia.

Saudaraku,

Didiklah anak-anak kita dengan hati, cinta dan ketenangan jiwa. Jangan paksa mereka untuk memenuhi keinginan, ambisi dan kebanggaan kita. 

Tumbuhkan motivasi diri, tujuan hidup, daya tahan menghadapi kesulitan (adversity quotient), harga diri- 'izzah (self esteem) serta kendali emosi yang baik. 

Ajarkan kemampuan berempati- sifat peduli, karena akan menjadikan mereka mencintai dan dicintai sesama dan Tuhan.

"Jangan paksakan anakmu untuk menjadi seperti kamu, karena dia diciptakan bukan utntuk zaman kamu"(Ali bin Abi Thalib).

Allahu a'lamu bishowab
Qur'anic Home Education
10 Ramadhan 1440H

سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Khitan

Fadlilah Dzikir Laa Ilaaha Illallaah

Shalat Sunnah Intidhar

Hadits Tentang Walimah

Hadits Tentang Rujuk

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan