Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Ketaqwaan Kepada Allah

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Agama diturunkan Allah kepada kita, supaya jelas hidup kita dari kegelapan dan cahaya terang. Manusia diberikan kebebasan untuk berpikir, berbuat dan berbicara. Namun manusia tidak sanggup lepas dari kuasa Tuhan.

Termasuk kuasa Allah adalah membuat perjanjian dgn manusia. Perjanjian saat ruh ditiupkan dalam janin manusia. Berjanji mengakui sepenuh jiwa akan konsep Rububiyah, Allahlah yg paling berkuasa atas kehidupan kita dan memberikan kuasaNYA utk kita dengan keharusan mendekat kepadaNYA. "Qoluu balaa syahidnaa", itulah jawaban awal kita tentang perjanjian dengan Tuhan. 

Maknanya adalah sebagai manusia kita tidak akan komplain, mencari alasan, gampang menyerah / putus asa dan menyesal hadir di dunia dengan segala aneka pernik kehidupan di dalamnya.
وَإِذۡ أَخَذَ رَبُّكَ مِنۢ بَنِيٓ ءَادَمَ مِن ظُهُورِهِمۡ ذُرِّيَّتَهُمۡ وَأَشۡهَدَهُمۡ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمۡ أَلَسۡتُ بِرَبِّكُمۡۖ قَالُواْ بَلَىٰ شَهِدۡنَآۚ أَن تَقُولُواْ يَوۡمَ ٱلۡقِيَٰمَةِ إِنَّا كُنَّا عَنۡ هَٰذَا غَٰفِلِينَ 
Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)" (QS. Al A'raaf 172)

Setiap manusia mendapat tugas yg disesuaikan 'maqam', kedudukannya. Kemampuannya pun berbeda2, tidak boleh disamakan, kesanggupan berpikir pun bermacam2, tidak perlu diperbandingkan. Hanya ketakwaan yg menjadi ukuran Tuhan terhadap manusia.

Takwa adalah menghambakan diri kepadaNYA. Mereka akan selalu menyandarkan hidup pada Allah. IA-lah tuan rumah jiwa, tujuan dan pusat orientasi hidupnya. Kehidupan yg penuh cinta, tawakkal dengan nilai2 ketuhanan mewarnai jiwanya.

Orang bertakwa senantiasa rendah hati terhadap sesama, rajin ibadah, harmonis dalam berkeluarga dan jujur saat berniaga. Mereka percaya sepenuh hati bahwa Allah pengatur segalanya.

Saat memperoleh nikmat, orang bertakwa dengan kesyukuran akan berbagi kepada sesama. Tatkala hadir musibah, mereka merasa tidak sendiri. Dekat dengan Allah, menjadikan hidup tidak galau karena ada tempat bercurah derita dan beban kehidupan. Takwalah yg menjadikan manusia senantiasa bahagia, penuh kedamaian dan selamat dunia-akherat.

Saudaraku,

Bertakwalah karena menjadi dasar utama dari agama dan kebaktian kita kepadaNYA. Yakinilah hanya Allah yg memberi hidup, mati dan dari Allah-lah akhir dari segala urusan. Ketakwaan dan keyakinan itu akan menghilangkan duka nestapa, rasa takut, kekhawatiran dan kecemasan.

إِنَّ ٱلَّذِينَ قَالُواْ رَبُّنَا ٱللَّهُ ثُمَّ ٱسۡتَقَٰمُواْ تَتَنَزَّلُ عَلَيۡهِمُ ٱلۡمَلَٰٓئِكَةُ أَلَّا تَخَافُواْ وَلَا تَحۡزَنُواْ وَأَبۡشِرُواْ بِٱلۡجَنَّةِ ٱلَّتِي كُنتُمۡ تُوعَدُونَ  
Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu" (QS. Fushshilat 30)

Allahu a'lamu bishowab
11 Ramadhan 1440H

سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Khitan

Fadlilah Dzikir Laa Ilaaha Illallaah

Shalat Sunnah Intidhar

Hadits Tentang Shalat Idul Fithri Dan Idul Adlha

Hadits Tentang Walimah

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan