Jagalah Persatuan Antar Umat

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Pagi ini 22 Mei 2019 di Jakarta mencekam. Ada pembunuhan, kekerasan, pembakaran dan tindakan anarkis. Inilah saat norma-norma agama dipinggirkan. Akankah sejarah hitam kembali terulang di Negara yang mayoritas penduduknya pengikut Nabi Muhammad SAW.

Nabi yang hadir di kancah pertikaian antar kabilah, antar suku. Negeri dimana perbudakan antar manusia menjadi komoditi paling dicari, budi pekerti merosot di level kebinatangan. Hukum berpihak pada yang kuat, berkuasa. Siapapun yang berkuasa, ada kekuatan bisa dan berhak menghitamputihkan kaumnya.

Nabi menyatukan bangsa Arab dengan panji Tauhid. Persatuan dalam peradaban kemuliaan, tanpa sekat-sekat warna kulit, kesukuan, bangsa dalam persaudaraan penuh ikhlas dan kasih sayang.
Perdamaian hadir bila ada keadilan dan hukum yang tegas, jauh dari tipuan dan kecurangan. Keadilan dirasakan dan hukum dijalankan tanpa pandang bulu.

"Demi Allah, andaikan Fatimah anak Muhammad mencuri, sungguh akan kupotong sendiri tangannya" (Muhammad SAW). 

Persatuan digambarkan dalam Ukhuwah, persaudaraan, brotherhood. Ibarat satu tubuh. Apabila ada yang sakit, semua ikut merasakan sakit (demam). Saling mencintai, mengasihi, peduli dan menyantuni.

Persatuan dan persaudaraan, tak ada manfaatnya bila hanya disemboyankan dan menjadi slogan tanpa makna. Interes politik, partai, kesukuan dan kelompok sudah harus ditinggalkan untuk bersatu dan bersenyawa dalam kekentalan yang padat, tak terceraikan 

Saudaraku,

Jagalah persatuan, persaudaraan, kebaikan dan ketaqwaan. Janganlah kamu bertolong-tolongan dalam dosa dan permusuhan.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تُحِلُّواْ شَعَٰٓئِرَ ٱللَّهِ وَلَا ٱلشَّهۡرَ ٱلۡحَرَامَ وَلَا ٱلۡهَدۡيَ وَلَا ٱلۡقَلَٰٓئِدَ وَلَآ ءَآمِّينَ ٱلۡبَيۡتَ ٱلۡحَرَامَ يَبۡتَغُونَ فَضۡلٗا مِّن رَّبِّهِمۡ وَرِضۡوَٰنٗاۚ وَإِذَا حَلَلۡتُمۡ فَٱصۡطَادُواْۚ وَلَا يَجۡرِمَنَّكُمۡ شَنَ‍َٔانُ قَوۡمٍ أَن صَدُّوكُمۡ عَنِ ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡحَرَامِ أَن تَعۡتَدُواْۘ وَتَعَاوَنُواْ عَلَى ٱلۡبِرِّ وَٱلتَّقۡوَىٰۖ وَلَا تَعَاوَنُواْ عَلَى ٱلۡإِثۡمِ وَٱلۡعُدۡوَٰنِۚ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلۡعِقَابِ  
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi´ar-syi´ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian(mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. (QS.Al Maidah 2)

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِذَا تَنَٰجَيۡتُمۡ فَلَا تَتَنَٰجَوۡاْ بِٱلۡإِثۡمِ وَٱلۡعُدۡوَٰنِ وَمَعۡصِيَتِ ٱلرَّسُولِ وَتَنَٰجَوۡاْ بِٱلۡبِرِّ وَٱلتَّقۡوَىٰۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ ٱلَّذِيٓ إِلَيۡهِ تُحۡشَرُونَ 
Hai orang-orang beriman, apabila kamu mengadakan pembicaraan rahasia, janganlah kamu membicarakan tentang membuat dosa, permusuhan dan berbuat durhaka kepada Rasul. Dan bicarakanlah tentang membuat kebajikan dan takwa. Dan bertakwalah kepada Allah yang kepada-Nya kamu akan dikembalikan. (QS AlMujadilah : 9)

Allahu a'lamu bishowab

Masjid Frobel Sondakan
17 Ramadhan 1440H

سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Aqiqah

Hadits Tentang Khitan

Syarat Menjadi Imam Dalam Shalat Berjama'ah