Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Anak Sholeh

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم 

Cerita Pak Muh. Iqbal, Malam ini saya menemani anak-anak i'tikaf di masjid. Menjelaskan tentang doa yang didengar Tuhan atau ijabah. Saat bertanya tentang apa keinginan yang ingin dikabulkan oleh Allah. "Saya ingin jadi super Hero, agar bisa membunuh Dajjal, "Seru Taqwa, kakak si bungsu yang baru berusia 11 tahun.

Kita dan anak-anak seperti putaran nasib yang dipergilirkan. Saat mereka lahir, mereka benar-benar butuh kita. Sentuhan, dekapan keikhlasan sangat mereka butuhkan namun kita sering abaikan.

Semakin bertambah umur, posisi kita bisa melemah. Mereka lebih mendengar kawan-kawannya bila kita tidak menabung kedekatan dengan mereka. Kita butuh lingkungan terbaik bagi tumbuh kembang generasi penerus ini.
Sesudah masa remaja usai, mereka mandiri dan menikah. Mereka tak memerlukan orang tua, kecuali bila iman menancap kuat di hati. Mereka tetap hormat, berbakti pada orang tua karena agama mengajarkan. "Keridhoan Allah bergantung pada ridho kedua orang tua. Kemurkaan Allah bergantung pada kemurkaan orang tua" (Hadits)

Orang tua akan tetap memanen kebaikan walaupun sudah berselimut kafan, saat meninggalkan anak-anak sholeh yang mendoakannya. Inilah harta yang terbaik untuk kita bawa menghadapNYA.

Sholeh itu berhubungan dengan hati, iman dan dikukuhkan dengan ilmu. Kecerdasan akal tak bisa membantu bila jiwa mereka hampa. Jiwa yang kosong menjadikan nasehat kebaikan tak berpengaruh pada perbuatan dan kehidupannya.

Saudaraku,

Masih ada waktu. Luangkan waktu untuk membersamai mereka. Isi ruang-ruang jiwa anak-anak kita. Dengarkan impian mereka melalui lisan mereka sendiri. Harta, karier dan dunia tak pernah habis. Namun waktu bersama anak-anak ada batasnya.

Semoga anak-anak kita menjadi generasi yang kuat jiwanya, besar semangat dan kokoh imannya. Sholeh amalan dan mulia akhlaknya. Berada dalam kebenaran, dalam jamaah Al Mahdi, hamba Allah yang diberikan petunjuk untuk melawan kejahatan dan kemungkaran. Aamiin.

Allahu a'lamu bishowab

Masjid atTaqwa Ngruki
23 Ramadhan 1440 H

سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Khitan

Fadlilah Dzikir Laa Ilaaha Illallaah

Shalat Sunnah Intidhar

Hadits Tentang Walimah

Hadits Tentang Shalat Idul Fithri Dan Idul Adlha

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan