Tanah AlQuds (Palestina)

Kultum Ramadhan hari ke 17

Kultum Ramadhan tanah alQuds
Tanah AlQuds
Acara buka puasa di pesantren tahfidz Insan Qur'ani kemaren terasa istimewa. Ada tamu dari Gazza Palestina, Syeikh Rayyan Abdullah yang sedang menempuh studi strata tiga (Kandidat Doktor) di Malaysia.

Kami diperlihatkan foto-foto dan film dokumenter tentang penderitaan rakyat Palestina. Negeri yang terus bergolak, memperjuangkan hak-hak kemerdekaan dan kemanusiaan. Kebiadaban Zionis Israel adalah fakta. Dunia melihat, tak berdaya.....

"Tentara Zionis terus mengerahkan semua kekuatannya dari darat, laut dan udara dengan memborbardir masjid, sekolah, rumah-rumah kami, anak-anak kami dan saudara perempuan kami. Kami masih bisa bertahan dan terus melawan dengan kekuatan iman," tutur sang syaikh berkaca-kaca.

Teringat saya dengan buku 'Diplomasi Revolusi Indonesia Luar Negeri' yang ditulis pelaku sejarah M Zein Hassan yang ditunjuk sebagai Ketua Panitia Pusat Perkumpulan Kemerdekaan Indonesia di masa revolusi. Buku yang ada sambutan diantaranya Moh Hatta (Proklamator, wakil Presiden) dan Jendral (besar) AH Nasution.

Diakui dukungan besar rakyat Palestina atas kemerdekaan bangsa Indonesia. Melalui seorang ulama kharismatik, Syaikh Amin AlHusseini (Mufti Besar Palestina) sangat membantu KH Agus Salim (menteri Luar Negri  pertama) untuk meyakinkan Mesir, negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia sebagai negara merdeka. Disusul pengakuan dari Suriah, Lebanon, Yaman, Arab Saudi dan Afghanistan. 

Bahkan ada saudagar kaya Palestina, murid sang Mufti yang bernama Muhammad Ali Taher mengundang khusus M Zein Hassan mewakili Indonesia di Bank Arabia.  Pengusaha asal Palestina ini menyerahkan semua tabungannya dan memberikan ke Indonesia tanpa minta tanda bukti penerimaan, sambil berkata, " Terimalah semua kekayaan saya, ini untuk memenangkan perjuangan Indonesia". (hlm 247).

"Jas Merah, kalau ingin menjadi bangsa yg besar.. Jangan sekali-kali melupakan sejarah," pesan Bung Karno sang proklamator. 

Sangat besar dukungan rakyat Palestina untuk kita, sekarang Indonesia sudah tegak berdaulat dan bersiap menyongsong ulang tahun kemerdekaan ke 73. Indonesia hari ini, bagian dan dukungan masyarakat Palestina. 

Saudaraku, sedih kita melihat sebagian anak bangsa mengibar-ibarkan dengan kebanggan bendera zionis Israel, negara penjajah dan imperialis itu. Berduka kita, saat seorang pejabat negeri ini berkomentar tidak peduli terhadap penghapusan peta Palestina oleh Google. Meradang hati ini saat pejuang Hamas, bagian rakyat Palestina yang gigih melawan Israel dianggap teroris.

Terdiam, tak sanggup berkata-kata. Takut apabila Allah akan menanyakan," Apa yang sudah kau lakukan untuk Tanah alQuds? 

Ya Allah, ampunilah kelemahan kami yang belum bisa membantu saudara-saudara kami yang didzalimi.
Mohon lindungan dan pertolonganMU atas kebebasan dan kemerdekaan rakyat Palestina.
Aamiin...

Allahu a'lamu bishowab. 

17 Ramadhan 1439

Comments

Popular posts from this blog

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Khitan

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Kumpulan Doa Untuk Mayit Dan Lafadh

Ayat - Ayat Al Quran Tentang Alam Barzah Atau Kubur