Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Pendusta Agama

Kultum Ramadhan hari ke 21

Kultum Ramadhan hari ke 21 pendusta agama
Pendusta Agama
Ada manusia yang merasa beriman, beragama dengan benar dan punya amal, namun Allah memasukkan mereka sebagai pendusta. 

"Tahukah kamu orang yang mendustakan agama?  Itulah orang yang menghardik anak yatim dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin... (terj. QS Al-Ma'un: 1-3)

Waktu terus berjalan. Perjalanan yang tak pernah berhenti menuju kematian. Kita semakin tua, bertambahnya usia bagian bertambahnya keimanan dan kesaksian kita. 

Kiamat akan menjelang, kita akan mempertanggungjawabkan semua amal. Demikian jauh perjalanan yang sudah kita tempuh. Telah banyak nikmat yg sudah kita dapatkan.

"..kemudian, sungguh kamu akan ditanya pada hari itu dari nikmat (yang kamu peroleh hari ini) (terj. QS AtTakatsur: 8)

Adalah 'pendusta agama' saat kita bersujud kemudian menengadahkan tangan untuk berdoa, di saat yang sama tangan kita menggenggam kekayaan kita erat-erat dari mereka yang membutuhkan. 

Adalah 'pendusta agama' saat mulut kita banyak berdzikir, tilawah dan bersholawat, di saat yang bersamaan kita memiliki tetangga yang terdengar dari mulutnya merintih kelaparan. Kita tak kuat bangun menolong karena perut kekenyangan. 

Adalah 'pendusta agama' saat kita memilih aneka baju indah untuk anak-cucu menyambut lebaran, di saat yang sama tidak ada rasa peduli kepada  anak-anak yatim yang menderita penuh kegelisahan tanpa belaian kasih sayang.

Ya Allah, kami takut menjadi para 'pendusta agama'. Engkau tak pernah berhitung menganugerahkan aneka rezeki, tapi untuk saudara kami yang miskin alangkah sangat banyak yang kami perhitungkan. 

"Dunia pergi berlalu, Akherat datang menyongsong dengan anaknya masing-masing.
Jadilah kalian anak-anak akherat dan janganlah jadi anak-anak dunia. 
Sekarang amal tanpa perhitungan, besok perhitungan tanpa amal" (Ali bin Abi Thalib) 

Allahu a'lamu bishowab

21 Ramadhan 1439

Tren Blog

Hadits Tentang Khitan

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Perintah Orang Tua Yang Tidak Boleh Ditaati

Fadlilah Dzikir Laa Ilaaha Illallaah

Shalat Sunnah Intidhar

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan