Mencari Kesucian

Kultum Ramadhan hari ke 23

Kultum Ramadhan hari ke 23 mencari kesucian
Mencari kesucian
Alhamdulillah, wal hamdulillah tsummalhamdulillah. Inilah status paling pas menggambarkan suasana hari ini. Mendapati hari mulia (jum'at), bulan mulia (ramadhan) dan malam bilangan ganjil akhir ramadhan (malam penuh kemuliaan). 

Tujuan puasa adalah mencapai derajat taqwa. Istilah taqwa sering diartikan "alKhaufu min alJaliili / Takut kepada Yang Maha Mulia".

Takut kepada Allah adalah takut kepada murka, siksa,  adzab dan nerakaNYA. Berbeda bila kita takut dengan makhluk, kita akan menjahuinya namun takut kepada Allah akan menyegerakan mendekat kepadaNYA (taqarrub ilallah).

Perasaan dekat dengan Allah akan menumbuhkan kehadiranNYA... "Milik Allah timur dan barat, ke mana pun kamu berpaling, disitulah kehadiran Allah.... "(terj. QS Al-Baqarah: 115)

Inilah keimanan yang apabila disebut asma Allah, tergetar hatinya dan bila ayat-ayatNYA dibacakan bertambah kuat keimanannya dan sangat tawakkal kepadaNYA. (lihat QS Al Anfal: 2)

Inilah bangunan takwa, sebuah pandangan iman yang mendalam, sadar akan kehadiranNYA dalam segala kegiatan dan kehidupannya. 

Hikmah terbesar dari puasa mendptkan kelimpahan nilai-nilai kehidupan atas pengalaman kehadiran Yang Ilahi...

"...mereka yang berkata 'Tuhan kami adalah Allah', kemudian tetap berpegang teguh (pada agama), mereka tak ada rasa takut / khawatir dan mereka tak pernah dan akan bersedih hati (terj QS alAhqaf: 13)

Ramadhan dipandang sebagai bulan suci, berpuasa adalah sarana pelatihan keruhanian menuju jalan pertobatan dan memasuki alam surgawi, kembali fitrah / suci. 

Menjadi fitrah akan menghadirkan kehidupan luhur, inilah suasana kehidupan yang penuh kedamaian. Tak ada rasa takut, tak ada kekecewaan dan tak ada rasa duka. 

Semua dipanggil, hanya mereka yang mencari ridhaNYA yang terpilih bukan yang masih bergulat dengan kesenangan dalam kehidupan yang serba fana dan tiada pasti. Masuk ke Surga, Darussalam (negeri perdamaian), dimana penghuninya saling menyapa dengan ucapan Salam-Salam (Damai-Damai). Kebahagiaan karena lepas dari dosa. 

Allahu a'lamu bishowab. 

23 Ramadhan 1439

Tren Blog

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Aqiqah

Hadits Tentang Khitan

Syarat Menjadi Imam Dalam Shalat Berjama'ah