Featured Post

Tata Tertib Sholat Jumat

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Waktu Shalat Jumat عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يُصَلّى اْلجُمُعَةَ حِيْنَ تَمِيْلُ الشَّمْسُ. البخارى 1: 217 Dari Anas bin Malik RA, bahwasanya Nabi SAW shalat Jum’at ketika matahari sudah tergelincir. [HR. Bukhari juz 1, hal. 217] عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ كُنَّا نُصَلّى مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص ثُمَّ نَرْجِعُ فَنُرِيْحُ نَوَاضِحَنَا قَالَ حَسَنٌ فَقُلْتُ لِجَعْفَرٍ فِي أَيّ سَاعَةٍ تِلْكَ؟ قَالَ زَوَالَ الشَّمْسِ. مسلم 2: 588 Dari Jabir bin ‘Abdullah, ia berkata : Dahulu kami shalat bersama Rasulullah SAW, kemudian kami pulang, lalu mengistirahatkan unta-unta kami”. Hasan berkata, Aku bertanya kepada Ja’far, “Sa’at apa ketika itu?”. Ja’far menjawab, “Sa’at matahari tergelincir”. [HR. Muslim juz 2, hal. 588] عَنْ اِيَاسِ بْنِ سَلَمَةَ بْنِ اْلاَكْوَعِ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ كُنَّا نُجَمّعُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص اِذَا زَالَتِ الشَّمْسُ ثُمَّ نَرْجِعُ نَتَتَبَّعُ الْفَيْءَ. مسلم 2: 589 Dari Iyas bin Salamah bin Akw

Teman Sejati

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Kultum Ramadhan hari ketiga

Kultum Ramadhan hari ke 3 teman sejati
Teman Sejati
Perjodohan adalah misteri kehidupan yang terkadang diikuti senyum kemenangan dan sekaligus senyum kegetiran. Terkadang sulit menebak tentang kriteria pasangan ideal yang diimpikan para pencari jodoh. 

Cocok menurut kita, belum tentu bagi para kandidat. Sesuai diantara pencari pasangan belum tentu diterima oleh keluarga masing-masing. Urusan menentukan mahar,  hari baik pernikahan sampai tempat resepsi dan pernak-perniknya bisa mengkandaskan impian mendapatkan teman sejati. 

Sukses sampai pelaminan bukan garansi keberhasilan perjodohan. Angka perceraian sangat tinggi. Apapun alasan pasangan yang bercerai menghasilkan keyakinan "dia bukan jodohku". Tidak sederhana mendapatkan teman sejati. 

Ibnu Atha'illah punya nasehat, "Tidak ada seorangpun yg bisa disebut teman sejatimu, kecuali orang yang setia menemanimu dan mengetahui aibmu. Dan, itu tidak ada yang bisa melakukannya , kecuali Penguasamu Yang Maha Mulia. 
Sebaik - baik orang yang engkau temani adalah sesorang yang mengharapkanmu, bukan karena sesuatu yang akan diperolehnya darimu".

Adakah engkau mengetahui siapakah temanmu yang sebenarnya? Apakah engkau mengira orang-orang yang berada disekitarmu adalah para pecinta sejatimu dan selalu bersamamu ? Tidak, Mereka akan meninggalkanmu ketika mendapatimu tidak memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada mereka. Ingatlah, teman sejati adalah orang yang setia menemani dan mengetahui "aibmu".

Seseorang yang bersahabat denganmu, sedangkan dia hanya mengetahui kebaikanmu, maka ketahuilah bahwa suatu hari ia akan meninggalkanmu, yaitu ketika aibmu diketahuinya. Ketika itu engkau akan menangis dan menyesali diri karena begitu terpesona dengan pujiannya. 

Hanya satu yang tidak akan meninggalkanmu dan menggetahui aibmu , yaitu Allah SWT. Dia akan selalu mengawasimu, mencurahkan risqi serta karuniaNya, kasih sayangNya tidak akan terputus, walaupun engkau meninggalkan perintahNya.
Itulah teman sejati yang akan membuatmu merasa senang dan bahagia berada di sisi dan hadapanNya.

Temui teman sejatimu di malam-malam penuh kemuliaan pada bulan Ramadhan.  Kita tidak pernah akan dikecewakanNya.

Wallahu a'lamu bishawab.

سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Khitan

Hadits-hadits Tentang Taubat

Hadits Tentang Walimah

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Shalat Sunnah Intidhar

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan