Featured Post

Tahun Baru Islam: Lebih dari Sekadar Ucapan, Tapi Refleksi Diri

apa Sih Kita Merayakan Tahun Baru Islam? Jadi gini, Tahun Baru Islam itu menandai peristiwa penting dalam sejarah Islam, yaitu Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Hijrah ini bukan cuma sekadar pindah tempat tinggal, tapi juga simbol perubahan besar dalam perjuangan Islam. Dari yang tadinya tertekan di Mekkah, umat Islam bisa berkembang dan membangun kekuatan di Madinah. Nah, dari peristiwa Hijrah inilah kemudian kalender Hijriyah dimulai. Jadi, Tahun Baru Islam itu momen penting buat kita semua sebagai umat Muslim untuk mengingat kembali perjuangan Nabi dan para sahabat. Ucapan Tahun Baru Islam: Apa Aja Sih yang Biasanya Diucapkan? Banyak banget variasi ucapan Tahun Baru Islam yang bisa kita gunakan. Yang paling umum sih, biasanya kita mengucapkan: "Selamat Tahun Baru Islam 1447 Hijriyah." "Semoga di tahun baru ini, kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi." "Tahun baru, semangat baru! Mari kita tingkatkan iman dan taqwa kita kepada ...

Hadits - Hadits Tentang Sai

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Sai antara Shafa dan Marwah

عَنْ جَابِرٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص طَافَ سَبْعًا رَمَلَ ثَلاَثًا وَ مَشَى اَرْبَعًا ثُمَّ قَرَأَ وَ اتَّخِذُوْا مِنْ مَّقَامِ اِبْرهِيْمَ مُصَلّى، فَصَلَّى سَجْدَتَيْنِ وَ جَعَلَ اْلمَقَامَ بَيْنَهُ وَ بَيْنَ اْلكَعْبَةِ ثُمَّ اسْتَلَمَ الرُّكْنَ ثُمَّ خَرَجَ فَقَالَ: اِنَّ الصَّفَا وَ اْلمَرْوَةَ مِنْ شَعَآئِرِ اللهِ، فَابْدَؤُوْا بِمَا بَدَأَ اللهُ بِهِ. النسائى 5: 236
Dari Jabir bahwasanya Rasulullah SAW thawaf tujuh putaran, tiga putaran dengan berlari kecil, dan empat putaran dengan berjalan biasa, lalu beliau membaca ayat (yang artinya), “Dan jadikanlah makam Ibrahim sebagai tempat shalat”. Kemudian beliau menuju belakang maqam Ibrahim, lalu shalat dua rekaat. Setelah itu beliau kembali mencium Hajar Aswad, lalu keluar (menuju bukit Shafa) dan membaca ayat (yang artinya), “Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah sebagian dari syi’ar-syi’ar Allah” (QS. Al-Baqarah : 158), maka mulailah dari tempat yang Allah memulainya”. [HR. Nasaaiy juz 5, hal. 236]

عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ قَالَ سَأَلْنَا ابْنَ عُمَرَ رض عَنْ رَجُلٍ طَافَ بِالْبَيْتِ فِى عُمْرَةٍ وَلَمْ يَطُفْ بَيْنَ الصَّفَا وَ الْمَرْوَةِ اَيَأْتِى امْرَأَتَهُ فَقَالَ: قَدِمَ النَّبِيُّ ص فَطَافَ بِالْبَيْتِ سَبْعًا وَ صَلَّى خَلْفَ الْمَقَامِ رَكْعَتَيْنِ فَطَافَ بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ سَبْعًا. (لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ). البخارى 2: 170
Dari ‘Amr bin Dinar, ia berkata : Kami bertanya kepada Ibnu ‘Umar RA tentang seorang laki-laki yang thawaf di Baitullah dalam ‘umrah, dan ia belum sa’i antara Shafa dan Marwah, apakah ia boleh mendatangi istrinya?. Maka Ibnu ‘Umar berkata, “Nabi SAW tiba di Makkah, lalu thawaf di Baitullah tujuh putaran, dan shalat di belakang Maqam Ibrahim dua rekaat, lalu sa’i antara Shafa dan Marwah tujuh kali”. Lalu Ibnu ‘Umar membaca ayat (yang artinya) “Sungguh telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagi kalian”. (QS. Al-Ahzaab : 21). [HR. Bukhari juz 2, hal. 170]

Bacaan Diwaktu Sa'i

قَالَ جَابِرٌ رض: …. ثُمَّ رَجَعَ اِلىَ الرُّكْنِ فَاسْتَلَمَهُ ثُمَّ خَرَجَ مِنَ اْلبَابِ اِلَى الصَّفَا. فَلَمَّا دَنَا مِنَ الصَّفَا قَرَأَ اِنَّ الصَّفَا وَ اْلمَرْوَةَ مِنْ شَعَآئِرِ اللهِ. اَبْدَأُ بِمَا بَدَأَ اللهُ بِهِ. فَبَدَأَ بِالصَّفَا فَرَقِيَ عَلَيْهِ حَتَّى رَأَى اْلبَيْتَ فَاسْتَقْبَلَ اْلقِبْلَةَ فَوَحَّدَ اللهَ وَ كَبَّرَهُ وَ قَالَ: لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَ لَهُ اْلحَمْدُ وَ هُوَ عَلَى كُلّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ، اَنْجَزَ وَعْدَهُ، وَ نَصَرَ عَبْدَهُ، وَ هَزَمَ اْلاَحْزَابَ وَحْدَهُ، ثُمَّ دَعَا بَيْنَ ذلِكَ قَالَ مِثْلَ هذَا ثَلاَثَ مَرَّاتٍ، ثُمَّ نَزَلَ اِلَى اْلمَرْوَةِ حَتَّى اِذَا انْصَبَّتْ قَدَمَاهُ فِى بَطْنِ اْلوَادِى سَعَى حَتَّى اِذَا صَعِدَتَا مَشَى حَتَّى اَتَى اْلمَرْوَةَ فَفَعَلَ عَلَى اْلمَرْوَةِ كَمَا فَعَلَ عَلَى الصَّفَا. مسلم 2: 887
Jabir RA berkata : …... Setelah Nabi SAW selesai (shalat di Maqam Ibrahim), beliau kembali mencium Hajar Aswad, kemudian meninggalkan Baitullah menuju Shafa. Setelah dekat Shafa beliau membaca ayat (yang artinya). “Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah sebagian dari syi’ar-syi’ar Allah” (QS. Al-Baqarah : 158). Beliau bersabda, “Aku memulai dengan apa yang Allah memulai dengannya”. Kemudian beliau memulai dari Shafa, beliau naik ke atasnya sehingga melihat Ka’bah, lalu menghadap qiblat, beliau mengesakan Allah dan mengagungkan-Nya, beliau membaca, “Laa ilaaha illalloohu wahdahu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamdu, wa huwa ‘alaa kulli syai-in qodiir. Laa ilaaha illalloohu wahdah, anjaza wa’dah, wa nashoro ‘abdah, wa hazamal ahzaaba wahdah” (Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, kepunyaan-Nya lah semua kerajaan, dan kepunyaan-Nyalah segala pujian, dan Dia atas segala sesuatu berkuasa. Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, yang telah memenuhi janji-Nya, yang telah menolong hamba-Nya, dan yang telah membinasakan musuh-musuh yang bersekutu dengan sendirian). Kemudian diantara itu beliau berdoa, beliau membaca yang demikian itu tiga kali. Kemudian beliau turun, lalu menuju Marwah. Ketika sampai di lembah beliau berlari-lari kecil. Dan ketika jalan menanjak beliau berjalan biasa, sehingga beliau sampai di Marwah, lalu di Marwah itu beliau melakukan sebagaimana yang beliau lakukan di Shafa”. [HR. Muslim juz 2, hal. 887]

عَنْ جَابِرٍ قَالَ: طَافَ رَسُوْلُ اللهِ ص بِاْلبَيْتِ سَبْعًا، رَمَلَ مِنْهَا ثَلاَثًا وَ مَشَى اَرْبَعًا ثُمَّ قَامَ عِنْدَ اْلمَقَامِ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ قَرَأَ وَ اتَّخِذُوْا مِنْ مَقَامِ اِبْرهِيْمَ مُصَلّى وَ رَفَعَ صَوْتَهُ يُسْمِعُ النَّاسَ ثُمَّ انْصَرَفَ فَاسْتَلَمَ. ثُمَّ ذَهَبَ فَقَالَ نَبْدَأُ بِمَا بَدَأَ اللهُ بِهِ. فَبَدَأَ بِالصَّفَا فَرَقِىَ عَلَيْهَا حَتَّى بَدَا لَهُ اْلبَيْتُ فَقَالَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَ لَهُ اْلحَمْدُ يُحْيِى وَ يُمِيْتُ وَ هُوَ عَلَى كُلّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. فَكَبَّرَ اللهَ وَ حَمِدَهُ ثُمَّ دَعَا بِمَا قُدّرَ لَهُ ثُمَّ نَزَلَ مَاشِيًا حَتَّى تَصَوَّبَتْ قَدَمَاهُ فِى بَطْنِ اْلمَسِيْلِ فَسَعَى حَتَّى صَعِدَتْ قَدَمَاهُ ثُمَّ مَشَى حَتَّى اَتَى اْلمَرْوَةَ فَصَعِدَ فِيْهَا ثُمَّ بَدَا لَهُ البَيْتُ فَقَالَ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَ لَهُ اْلحَمْدُ وَ هُوَ عَلَى كُلّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. قَالَ ذلِكَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ ذَكَرَ اللهَ وَسَبَّحَهُ وَ حَمِدَهُ ثُمَّ دَعَا عَلَيْهَا بِمَا شَاءَ اللهُ فَعَلَ هذَا حَتَّى فَرَغَ مِنَ الطَّوَافِ. النسائى 5: 235
Dari Jabir, ia berkata : Rasulullah SAW thawaf di Baitullah sebanyak tujuh putaran, beliau berlari-lari kecil pada tiga putaran yang awwal, lalu berjalan biasa pada empat putaran berikutnya. Setelah itu beliau berdiri di Maqam Ibrahim, lalu shalat sunnah dua rekaat, kemudian membaca ayat (yang artinya) “Dan jadikanlah Maqam Ibrahim itu sebagai tempat shalat” (QS. Al-Baqarah : 125). Dan beliau mengeraskan suaranya agar didengar orang banyak. Kemudian beliau pergi mencium Hajar Aswad, lalu melakukan sa’i, beliau bersabda, “Kami memulai dengan apa yang Allah memulainya”. Maka beliau memulai dengan mendaki bukit Shafa, hingga ketika Baitullah telah terlihat dari atas bukit, beliau membaca “Laa ilaaha illalloohu wahdahu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyii wa yumiitu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qodiir”, tiga kali. Lalu beliau bertakbir dan bertahmid, lalu berdoa kepada Allah secukupnya. Setelah itu beliau menuruni bukit, sehingga ketika sampai di lembah, beliau berlari kecil menuju Marwah, hingga ketika jalan menanjak, beliau berjalan biasa hingga sampai di Marwah, lalu beliau naik ke atas bukit. Kemudian setelah Baitullah terlihat dari atas bukit, beliau membaca “Laa ilaaha illalloohu wahdahu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamdu, wa huwa ‘alaa kulli syai-in qodiir”, tiga kali. Kemudian beliau berdzikir kepada Allah, bertasbih dan bertahmid kepada-Nya, lalu beliau berdoa secukupnya. Demikianlah yang beliau lakukan ketika sa’i hingga selesai. [HR. Nasaaiy juz 5, hal. 235]

سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Khitan

Ayat - Ayat Al Quran Tentang Alam Barzah Atau Kubur

Hadits Tentang Rujuk

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Li’an

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan