Cara thawaf
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص لَمَّا قَدِمَ مَكَّةَ اَتَى اْلحَجَرَ فَاسْتَلَمَهُ. ثُمَّ مَشَى عَلَى يَمِينِهِ. فَرَمَلَ ثَلاَثاً وَ مَشَى اَرْبَعاً مسلم 2: 893
Dari Jabir bin ‘Abdullah RA bawasanya Rasulullah SAW ketika tiba di Makkah beliau lalu datang ke tempat Hajar Aswad, lalu beliau menjamahnya, kemudian beliau berjalan di sebelah kanannya, beliau berjalan cepat tiga putaran dan berjalan biasa empat putaran. [HR. Muslim juz 2, hal. 893].
Orang thawaf harus suci dari hadats atau Haid
عَنْ
عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ اَنَّهُ قَالَ: قَدْ حَجَّ رَسُوْلُ اللهِ
فَاَخْبَرَتْنِى عَائِشَةُ رض اَنَّ اَوَّلَ شَيْءٍ بَدَأَ بِهِ حِيْنَ
قَدِمَ اَنَّهُ تَوَضَّأَ ثُمَّ طَافَ بِاْلبَيْتِ. البخارى 2: 168
Dari
‘Urwah bin Zubair, bahwasanya ia berkata : Sungguh Rasulullah SAW telah
berhaji, dan ‘Aisyah RA mengkabarkan kepadaku bahwasanya pertama-tama
yang Nabi lakukan ketika tiba di Makkah adalah beliau berwudlu,
kemudian thawaf di Baitullah. [HR. Bukhari juz 2, hal. 168]
عَنْ
عَائِشَةَ قَالَتْ: خَرَجْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص لاَ نَذْكُرُ اِلاَّ
اْلحَجَّ. فَلَمَّا جِئْنَا سَرِفَ طَمِثْتُ فَدَخَلَ عَلَيَّ النَّبِيُّ ص
وَ اَنَا اَبْكِى، فَقَالَ: مَا يُبْكِيْكِ. قُلْتُ: لَوَ دِدْتُ وَ اللهِ
اَنّى لَمْ اَحُجَّ اْلعَامَ. قَالَ: لَعَلَّكِ نَفِسْتِ. قُلْتُ: نَعَمْ.
قَالَ: فَاِنَّ ذلِكَ شَيْءٌ كَتَبَهُ اللهُ عَلَى بَنَاتِ آدَمَ،
فَافْعَلِى مَا يَفْعَلُ اْلحَاجُّ غَيْرَ اَنْ لاَ تَطُوْفِى بِاْلبَيْتِ
حَتَّى تَطْهُرِى. البخارى 1: 79
Dari ‘Aisyah, ia berkata :
Kami keluar bersama Rasulullah SAW, kami tidak berniat selain haji.
Setelah sampai di Sarif aku haid, lalu Nabi SAW datang kepadaku, pada
waktu itu aku sedang menangis. Beliau SAW bertanya, “Mengapa engkau
menangis?”. Aku menjawab, “Demi Allah, aku lebih suka kalau tidak
melaksanakan haji tahun ini”. Beliau bertanya, “Mungkin kamu datang
haid?”. Aku menjawab, “Ya”. Beliau bersabda, “Itu merupakan ketetapan
Allah bagi wanita anak Adam. Kerjakanlah apa yang dikerjakan oleh orang
yang berhaji, tetapi jangan melakukan thawaf di sekeliling Ka’bah
sehingga kamu suci”. [HR. Bukhari juz 1, hal. 79]
عَنْ
عَائِشَةَ رض قَالَتْ: خَرَجْنَا مَعَ النَّبِيّ ص وَ لاَ نَرَى اِلاَّ
اْلحَجَّ. حَتَّى اِذَا كُنَّا بِسَرِفَ اَوْ قَرِيْبًا مِنْهَا حِضْتُ
فَدَخَلَ عَلَيَّ النَّبِيُّ ص وَ اَنَا اَبْكِى. فَقَالَ: اَ نَفِسْتِ
(يَعْنِى اْلحَيْضَةَ قَالَتْ) قُلْتُ: نَعَمْ. قَالَ: اِنَّ هذَا شَيْءٌ
كَتَبَهُ اللهُ عَلَى بَنَاتِ آدَمَ. فَاقْضِى مَا يَقْضِى اْلحَاجُّ
غَيْرَ اَنْ لاَ تَطُوْفِى بِاْلبَيْتِ حَتَّى تَغْتَسِلِى. قَالَتْ: وَ
ضَحَّى رَسُوْلُ اللهِ ص عَنْ نِسَائِهِ بِاْلبَقَرِ. مسلم 2: 873
Dari
‘Aisah RA, ia berkata : Kami keluar bersama Nabi SAW, kami tidak
berniat kecuali berhaji, hingga ketika sampai di Sarif atau dekat
dengan tempat itu aku kedatangan haid. Lalu Nabi SAW datang kepadaku,
dan ketika itu aku sedang menangis. Lalu beliau bertanya, “Apakah kamu
datang nifas (maksudnya haid”. Lalu ‘Aisyah berkata) : Aku menjawab,
“Ya”. Beliau bersabda, “Ini adalah sesuatu yang telah Allah tetapkan
bagi wanita anak Adam. Lakukanlah apa-apa yang dilakukan orang yang
berhaji, tetapi jangan melakukan thawaf di Baitullah sehingga kamu
mandi”. ‘Aisyah berkata, “Dan Rasulullah SAW menyembelih lembu untuk
istri-istrinya”. [HR. Muslim juz 2, hal. 873]
Mencium Hajar Aswad
عَنْ
عَبْدِ اللهِ بْنِ سَرْجِسَ قَالَ: رَأَيْتُ اْلاُصَيْلِعَ عُمَرَ بْنَ
اْلخَطَّابِ يُقَبّلُ اْلحَجَرَ وَ يَقُوْلُ: اِنّى َلاُقَبّلُكَ وَ اِنّى
َلاَعْلَمُ اَنَّكَ حَجَرٌ لاَ تَضُرُّ وَ لاَ تَنْفَعُ. وَ لَوْلاَ اَنّى
رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يُقَبّلُكَ مَا قَبَّلْتُكَ. ابن ماجه 2: 981،
رقم: 2943
Dari ‘Abdullah bin Sarjis, ia berkata : Aku melihat
Al-Ushaili’ ‘Umar bin Khaththab mencium Hajar Aswad, dan beliau
berkata, “Sesungguhnya aku menciummu, dan aku tahu bahwa kamu adalah
batu yang tidak bisa mendatangkan madlarat dan tidak pula manfaat.
Seandainya aku tidak melihat Rasulullah SAW menciummu, aku tidak akan
menciummu”. [HR. Ibnu Majah juz 2, hal. 981, no. 2943]
عَنْ
عَابِسِ بْنِ رَبِيْعَةَ عَنْ عُمَرَ رض اَنَّهُ جَاءَ اِلىَ اْلحَجَرِ
اْلاَسْوَدِ فَقَبَّلَهُ فَقَالَ: اِنّى اَعْلَمُ اَنَّكَ حَجَرٌ لاَ
تَضُرُّ وَ لاَ تَنْفَعُ وَلَوْلاَ اَنّى رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص
يُقَبّلُكَ مَا قَبَّلْتُكَ. البخارى 2: 159
Dari ‘Abis bin
Rabi’ah dari ‘Umar RA, bahwasanya ia datang menuju Hajar Aswad lalu
menciumnya. Maka ia berkata, “Sesungguhnya aku tahu bahwa kamu adalah
batu yang tidak bisa mendatangkan madlarat dan tidak pula manfaat.
Seandainya aku tidak melihat Rasulullah SAW menciummu, aku tidak akan
menciummu”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 159]
عَنِ
ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: سَعَى النَّبِيُّ ص ثَلاَثَةَ اَشْوَاطٍ وَ مَشَى
اَرْبَعَةً فِى اْلحَجّ وَ اْلعُمْرَةِ. البخارى 2: 161
Dari
Ibnu ‘Umar RA, ia berkata : Nabi SAW melakukan berjalan cepat tiga
putaran dan beliau berjalan biasa empat putaran dalam hajji dan ‘umrah.
[HR. Bukhari juz 2, hal. 161]
عِنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَ رَسُوْلَ
اللهِ ص كَانَ اِذَا طَافَ فَى اْلحَجّ وَ اْلعُمْرَةِ اَوَّلَ مَا
يَقْدَمُ فَاِنَّهُ يَسْعَى ثَلاَثَةَ اَطْوَافٍ بِاْلبَيْتِ ثُمَّ يَمْشِى
اَرْبَعَةً، ثُمَّ يُصَلّى سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ يَطُوْفُ بَيْنَ الصَّفَا
وَ اْلمَرْوَةِ. مسلم 2: 920
Dari Ibnu ‘Umar bahwasanya
Rasulullah SAW ketika thawaf dalam haji dan ‘umrah, mula-mula yang
beliau lakukan adalah berjalan cepat tiga kali putaran mengelilingi
Ka’bah, kemudian berjalan biasa empat kali putaran, kemudian shalat dua
rekaat, kemudian sa’i antara Shafa dan Marwah. [HR. Muslim juz 2, hal.
920]
Menjamah Hajar Aswad dan rukun Yamaniy
عَنْ
عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ اَنَّهُ قَالَ: لَمْ اَرَ رَسُوْلَ اللهِ ص
يَمْسَحُ مِنَ اْلبَيْتِ اِلاَّ الرُّكْنَيْنِ اْليَمَانِيَيْنِ. مسلم 2:
924
Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, bahwasanya ia berkata, “Aku
tidak pernah melihat Rasulullah SAW mengusap dari Baitullah kecuali dua
rukun Yamaniy”. [HR. Muslim juz 2, hal. 924]
عَنْ اَبِى
الطُّفَيْلِ اْلبَكْرِى اَنَّهُ سَمِعَ ابْنَ عَبَّاسٍ يَقُوْلُ: لَمْ اَرَ
رَسُوْلَ اللهِ ص يَسْتَلِمُ غَيْرَ الرُّكْنَيْنِ اْليَمَانِيَيْنِ. مسلم
2: 925
Dari Abu Thufail Al-Bakriy, bahwasanya ia mendengar
Ibnu ‘Abbas berkata, “Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW menjamah
selain dua rukun Yamaniy”. [HR. Muslim juz 2, hal. 925]
عَنْ
اَبِى الطُّفَيْلِ يَقُوْلُ: رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَطُوْفُ
بِاْلبَيْتِ وَ يَسْتَلِمُ الرُّكْنَ بِمِحْجَنٍ مَعَهُ وَ يُقَبّلُ
اْلمِحْجَنَ. مسلم 2: 927
Dari Abuth Thufail, ia berkata :
Saya melihat Rasulullah SAW thawaf di Baitullah dan menjamah rukun
(Hajar Aswad) dengan tongkat beliau, lalu beliau mencium tongkat itu”.
[HR. Muslim juz 2, hal. 927]
عَنْ جَابِرٍ قَالَ: طَافَ
رَسُوْلُ اللهِ ص بِاْلبَيْتِ فِى حَجَّةِ اْلوَدَاعِ عَلَى رَاحِلَتِهِ
يَسْتَلِمُ اْلحَجَرَ بِمِحْجَنِهِ ِلاَنْ يَرَاهُ النَّاسُ وَ لِيُشْرِفَ
وَ لِيَسْأَلُوْهُ فَاِنَّ النَّاسَ غَشُوْهُ. مسلم 2: 926
Dari
Jabir, ia berkata : Rasulullah SAW thawaf di Baitullah pada haji wada’
di atas untanya, beliau menjamah Hajar Aswad dengan tongkat agar
orang-orang melihatnya dan beliau berada di tempat yang tinggi sehingga
terlihat, dan supaya orang-orang bertanya kepada beliau, karena
orang-orang berdesak-desakan. [HR. Muslim juz 2, hal. 924]
عَنْ
نَافِعٍ قَالَ: رَأَيْتُ ابْنَ عُمَرَ يَسْتَلِمُ اْلحَجَرَ بِيَدِهِ
ثُمَّ قَبَّلَ يَدَهُ وَ قَالَ: مَا تَرَكْتُهُ مُنْذُ رَأَيْتُ رَسُوْلَ
اللهِ ص يَفْعَلُهُ. مسلم 2: 924
Dari Nafi’, ia berkata : Aku
melihat Ibnu ‘Umar menjamah Hajar Aswad dengan tangannya, kemudian ia
mencium tangannya, lalu ia berkata, “Aku tidak pernah meninggalkan (yang
demikian itu) sejak aku melihat Rasulullah SAW melakukannya”. [HR.
Muslim juz 2, hal. 924]
عَنْ عُمَرَ بْنِ اْلخَطَّابِ رض اَنَّ
النَّبِيَّ ص قَالَ لَهُ يَا عُمَرُ اِنَّكَ رَجُلٌ قَوِيٌّ ، لاَ
تُزَاحِمْ عَلَى اْلحَجَرِ فَتُؤْذِي الضَّعِيْفَ إِنْ وَجَدْتَ خُلْوَةً
فَاسْتَلِمْهُ وَإِلاَّ فَاسْتَقْبِلْهُ فَهَلّلْ وَ كَبّرْ. احمد 1: 69،
رقم: 190
Dari Umar bin Khaththab R.A. Sesungguhnya Nabi SAW
bersabda kepadanya, “Hai Umar engkau adalah seorang pria yang kuat,
janganlah engkau berdesakan pada Hajar Aswad sehingga engkau akan
menyusahkan orang yang lemah, jika engkau mendapatkan kesempatan
(kosong) maka jamahlah dan jika tidak ada kesempatan maka menghadaplah
kepadanya (Hajar Aswad) lalu bacalah tahlil dan takbir (Laa ilaaha
illallooh, alloohu akbar). [HR. Ahmad juz 1, hal. 69, no. 190, dlaif
karena dalam sanadnya ada rawi yang tidak disebutkan namanya, sehingga
hadits ini munqathi’]
Bacaan Diwaktu Thawaf
عَنْ
عَبْدِ اللهِ بْنِ السَّائِبِ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ:
مَا بَيْنَ الرُّكْنَيْنِ: رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَ
فِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ. ابو داود 2: 179، رقم:
1892
Dari ‘Abdullah bin Saaib, ia berkata : Saya mendengar
Rasulullah SAW berdoa diantara dua rukun (rukun Yamaniy dan Hajar
Aswad), “robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wa fil aakhiroti hasanah wa
qinaa ‘adzaabannaar”. (Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di
dunia dan kebaikan di akhirat dan jagalah kami dari siksa neraka). [HR.
Abu Dawud juz 2, hal. 179, no. 1892]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض
اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص طَافَ بِاْلبَيْتِ وَ هُوَ عَلَى بَعِيْرٍ كُلَّمَا
اَتَى عَلَى الرُّكْنِ اَشَارَ اِلَيْهِ بِشَيْءٍ فِى يَدِهِ وَكَبَّرَ.
البخارى 2: 166
Dari Ibnu ‘Abbas RA, bahwasanya Rasulullah SAW
thawaf di Baitullah dan beliau di atas untanya. Setiap kali beliau
sampai pada rukun (Hajar Aswad), beliau berisyarat kepadanya dengan
sesuatu yang ada di tangan beliau, dan bertakbir”. [HR. Bukhari juz 2,
hal. 166]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ
ص يَقُوْلُ: مَنْ طَافَ بِاْلبَيْتِ سَبْعاً وَ لاَ يَتَكَلَّمُ اِلاَّ
بِسُبْحَانَ اللهِ وَ اْلحَمْدُ ِللهِ وَ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَ اللهُ
اَكْبَرُ وَ لاَ حَوْلَ وَ لاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ، مُحِيَتْ عَنْهُ
عَشْرُ سَيّئَاتٍ، وَ كُتِبَ لَهُ عَشْرُ حَسَنَاتٍ، وَ رُفِعَ لَهُ بِهَا
عَشَرَةُ دَرَجَاتٍ. ابن ماجه 2: 985، رقم: 2957
Dari Abu
Hurairah, bahwasanya ia mendengar Rasulullah SAW bersabda : Barangsiapa
thawaf tujuh kali di Baitullah dan tidak berkata-kata melainkan ucapan
“Subhaanallooh, walhamdu lillaah, wa laa ilaaha illallooh, walloohu
akbar, wa laa haula walaa quwwata illaa billaah” (Maha Suci Allah,
segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar,
dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah), maka akan dihapus
sepuluh dosanya dan dicatat untuknya sepuluh kebaikan serta diangkat
untuknya sepuluh derajat. [HR. Ibnu Majah juz 2, hal. 985, no. 2957,
dla’if, karena dalam sanadnya ada perawi bernama Humaid bin Abu
Sawiyyah].
عَنْ عُمَرَ بْنِ اْلخَطَّابِ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص
قَالَ لَهُ يَا عُمَرُ اِنَّكَ رَجُلٌ قَوِيٌّ ، لاَ تُزَاحِمْ عَلَى
اْلحَجَرِ فَتُؤْذِيَ الضَّعِيْفَ، اِنْ وَجَدْتَ خُلْوَةً فَاسْتَلِمْهُ
وَإِلاَّ فَاسْتَقْبِلْهُ فَهَلّلْ وَ كَبّرْ. احمد 1: 69، رقم: 190
Dari
Umar bin Khaththab R.A, bahwasanya Nabi SAW bersabda kepadanya, “Hai
Umar engkau adalah seorang pria yang kuat, janganlah engkau berdesakan
pada Hajar Aswad sehingga engkau akan menyusahkan orang yang lemah, jika
engkau mendapatkan kesempatan (kosong) maka jamahlah, dan jika tidak
ada kesempatan maka menghadaplah kepadanya (Hajar Aswad) lalu bacalah
tahlil dan takbir (Laa ilaaha illallooh, alloohu akbar). [HR. Ahmad juz
1, hal. 69, no. 190, dlaif karena dalam sanadnya ada perawi yang tidak
disebutkan namanya, sehingga hadits ini munqathi’].
Keterangan :
- Tidak
ada doa khusus bagi orang yang thawaf, maka orang yang thawaf boleh
berdoa apasaja yang ia inginkan.
- Adapun Nabi SAW, beliau berdoa diantara
dua rukun Yamaniy dengan robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wa fil
aakhiroti hasanah wa qinaa ‘adzaabannaar”.
Sholat Dua Rekaat di Maqam Ibrahim
عَنِ
ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: قَدِمَ النَّبِيُّ ص فَطَافَ بِاْلبَيْتِ سَبْعًا
وَ صَلَّى خَلْفَ اْلمَقَامِ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ خَرَجَ عَلَيْهِ
الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ اِلَى الصَّفَا وَ قَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ:
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ. البخارى 2:
166
Dari Ibnu ‘Umar RA, ia berkata : Nabi SAW tiba (di
Makkah), lalu thawaf di Baitullah tujuh kali, kemudian shalat dua
reka’at di belakang maqam Ibrahim, kemudian beliau SAW pergi ke Shafa
(untuk sa’i). Dan Allah Ta’ala telah berfirman (yang artinya), “Sungguh
telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagi kalian”
(QS. Al-Ahzaab : 21). [HR. Bukhari juz 2, hal. 166]
عَنْ
جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص لَمَّا انْتَهَى اِلَى
مَقَامِ اِبْرهِيْمَ قَرَأَ وَ اتَّخِذُوْا مِنْ مَّقَامِ اِبْرهِيْمَ
مُصَلّى، فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ فَقَرَأَ فَاتِحَةَ اْلكِتَابِ وَ قُلْ
ياَيُّهَا اْلكفِرُوْنَ وَ قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ ثُمَّ عَادَ اِلىَ
الرُّكْنِ فَاسْتَلَمَهُ ثُمَّ خَرَجَ اِلىَ الصَّفَا. النسائى 5: 236
Dari
Jabir bin ‘Abdullah, bahwasanya Rasulullah SAW setelah sampai di Maqam
Ibrahim, beliau membaca ayat (yang artinya), “Dan jadikanlah Maqam
Ibrahim itu tempat untuk shalat” (QS. Al-Baqarah : 125), lalu beliau
shalat dua rekaat, beliau membaca Al-Fatihah, Qul yaa ayyuhal kaafiruun
dan Qul huwalloohu ahad. Kemudian beliau kembali menuju Hajar Aswad,
lalu menciumnya, kemudian keluar menuju ke bukit Shafa”. [HR. Nasaaiy
juz 5, hal. 236]
سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ