Featured Post

Tahun Baru Islam: Lebih dari Sekadar Ucapan, Tapi Refleksi Diri

apa Sih Kita Merayakan Tahun Baru Islam? Jadi gini, Tahun Baru Islam itu menandai peristiwa penting dalam sejarah Islam, yaitu Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Hijrah ini bukan cuma sekadar pindah tempat tinggal, tapi juga simbol perubahan besar dalam perjuangan Islam. Dari yang tadinya tertekan di Mekkah, umat Islam bisa berkembang dan membangun kekuatan di Madinah. Nah, dari peristiwa Hijrah inilah kemudian kalender Hijriyah dimulai. Jadi, Tahun Baru Islam itu momen penting buat kita semua sebagai umat Muslim untuk mengingat kembali perjuangan Nabi dan para sahabat. Ucapan Tahun Baru Islam: Apa Aja Sih yang Biasanya Diucapkan? Banyak banget variasi ucapan Tahun Baru Islam yang bisa kita gunakan. Yang paling umum sih, biasanya kita mengucapkan: "Selamat Tahun Baru Islam 1447 Hijriyah." "Semoga di tahun baru ini, kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi." "Tahun baru, semangat baru! Mari kita tingkatkan iman dan taqwa kita kepada ...

Segala Yang Memabukkan Hukumnya Haram

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Tentang Minuman Keras / Khamr Bg. 2

Segala Yang Memabukkan Hukumnya Haram

عَنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ، وَ كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ. مسلم 3: 1587، رقم: 74
Dari Ibnu 'Umar, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Setiap (minuman) yang memabukkan itu khamr, dan setiap (minuman) yang memabukkan itu haram". [HR. Muslim juz 3, hal. 1587]

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: وَ لاَ اَعْلَمُهُ اِلاَّ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ وَ كُلُّ خَمْرٍ حَرَامٌ. مسلم 3: 1588
Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata : Dan aku tidak mengetahuinya melainkan dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Setiap (minuman) yang memabukkan itu khamr, dan setiap khamr itu haram". [HR. Muslim juz 3, hal. 1588]

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: كُلُّ مُخَمّرٍ خَمْرٌ وَ كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ. ابو داود 3: 327، رقم: 3680
Dari Ibnu 'Abbas, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Setiap minuman yang menutupi (akal) adalah khamr, dan setiap minuman yang memabukkan adalah haram". [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 327, no. 3680]

عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: اِنَّ اْلخَمْرَ مِنَ الْعَصِيْرِ وَ الزَّبِيْبِ وَ التَّمْرِ وَ اْلحِنْطَةِ وَ الشَّعِيْرِ وَ الذُّرَةِ وَ اِنّىْ اَنْهَاكُمْ عَنْ كُلّ مُسْكِرٍ. ابو داود 3: 326، رقم: 3677
Dari Nu’man bin Basyir, ia berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya khamr itu terbuat dari perasan (anggur), anggur kering, kurma (kering), gandum yang baik, gandum biasa dan dari biji-bijian, dan sesungguhnya aku melarang kalian dari setiap yang memabukkan”. [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 326, no. 3677]

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: َاْلخَمْرُ مِنْ هَاتَيْنِ الشَّجَرَتَيْنِ: النَّخْلَةِ وَ اْلعِنَبَةِ. مسلم 3: 1573، رقم: 13
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Khamr itu (dibuat) dari dua pohon ini : kurma dan anggur". [HR. Muslim juz 3, hal. 1573, no. 13]

عَنْ اَنَسٍ قَالَ: حُرّمَتْ عَلَيْنَا اْلخَمْرُ حَيْثُ حُرّمَتْ وَ مَا نَجِدُ يَعْنِى بِاْلمَدِيْنَةِ خَمْرَ اْلاَعْنَابِ اِلاَّ قَلِيْلاً وَ عَامَّةُ خَمْرِنَا اْلبُسْرُ وَ التَّمْرُ. البخارى 6: 241
Dari Anas, ia berkata, "Sesungguhnya khamr telah diharamkan kepada kita, dan pada waktu itu kami tidak mendapati yakni di Madinah, khamr yang terbuat dari anggur melainkan sedikit, dan kebanyakan saat itu khamr (dibuat dari) kurma segar dan kurma kering". [HR. Bukhari juz 6, hal. 241]

عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ ص عَنِ اْلبِتْعِ وَ هُوَ نَبِيْذُ اْلعَسَلِ. وَ كَانَ اَهْلُ اْليَمَنِ يَشْرَبُوْنَهُ، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: كُلُّ شَرَابٍ اَسْكَرَ فَهُوَ حَرَامٌ. البخارى 6: 242
Dari 'Aisyah RA, ia berkata, "Rasulullah SAW pernah ditanya tentang bit'i, yaitu minuman keras yang terbuat dari madu, dan penduduk Yaman biasa meminumnya. Maka Rasulullah SAW menjawab, "Setiap minuman yang memabukkan, maka minuman itu haram". [HR. Bukhari juz 6, hal. 242]

عَنْ اَبِى مُوْسَى قَالَ: بَعَثَنِى النَّبِىُّ ص اَنَا وَ مُعَاذَ بْنَ جَبَلٍ اِلَى الْيَمَنِ فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنَّ شَرَابًا يُصْنَعُ بِاَرْضِنَا يُقَالُ لَهُ الْمِزْرُ مِنَ الشَّعِيْرِ وَ شَرَابٌ يُقَالُ لَهُ الْبِتْعُ مِنَ الْعَسَلِ. فَقَالَ: كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ. مسلم 3: 1586
Dari Abu Musa, ia berkata, "Nabi SAW mengutus kami, yakni saya bersama Mu’adz bin Jabal ke Yaman, lalu aku bertanya kepada beliau, “Ya Rasulullah, sesungguhnya di negeri kami ada minuman yang terbuat dari gandum yang disebut Mizr, dan minuman dari madu yang disebut Bit’i (bagaimana hukumnya). Maka Rasulullah SAW bersabda, "Setiap minuman yang memabukkan itu haram”. [HR. Muslim juz 3, hal. 1586]

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: قَامَ عُمَرُ عَلَى المِنْبَرِ فقال: اَمَّا بَعْدُ، نَزَلَ تَحْرِيْمُ اْلخَمْرِ وَ هِيَ مِنْ خَمْسَةٍ: اْلعِنَبِ وَ التَّمْرِ وَ اْلعَسَلِ وَ اْلحِنْطَةِ وَ الشَّعِيْرِ، وَ اْلخَمْرُ مَا خَامَرَ اْلعَقْلَ. البخارى 6: 241
Dari Ibnu 'Umar RA, ia berkata : 'Umar pernah berdiri berkhutbah di mimbar, ia berkata, "Amma ba'du, sesungguhnya telah turun ketetapan haramnya khamr, dan khamr itu (terbuat) dari lima macam, yaitu dari anggur, kurma kering, madu, gandum yang bagus, dan sya'ir (gandum biasa). Dan khamr adalah suatu minuman yang menutupi akal". [HR. Bukhari juz 6, hal. 241]

Boleh Minum Perasan Kurma atau Anggur Selama Tidak Menjadi Khamr (belum rusak)

عَنْ يَحْيَى بْنِ عُبَيْدٍ اَبِى عُمَرَ اْلبَهْرَانِىّ قَالَ: سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ يَقُوْلُ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُنْتَبَذُ لَهُ اَوَّلَ اللَّيْلِ فَيَشْرَبُهُ اِذَا اَصْبَحَ يَوْمَهُ ذلِكَ وَ اللَّيْلَةَ الَّتِى تَجِيْءُ وَ اْلغَدَ وَ اللَّيْلَةَ اْلاُخْرَى وَ اْلغَدَ اِلَى اْلعَصْرِ، فَاِذَا بَقِيَ شَيْءٌ سَقَاهُ اْلخَادِمَ اَوْ اَمَرَ بِهِ فَصُبَّ. مسلم 3: 1589
Dari Yahya bin ‘Ubaid Abu ‘Umar Al-Bahraniy, ia berkata : Saya mendengar Ibnu 'Abbas berkata, "Dahulu Rasulullah SAW dibuatkan minuman dari anggur pada malam (hari yang) pertama, lalu beliau meminumnya ketika pagi harinya, dan malam berikutnya dan pagi harinya (hari kedua), dan malam berikutnya lagi serta pagi harinya sampai waktu 'ashar (hari ketiga). Lalu apabila masih ada sisanya, beliau memberikan kepada pelayan atau beliau menyuruh (membuangnya), lalu dibuang". [HR. Muslim juz 3, hal. 1589]

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُنْقَعُ لَهُ اْلزَبِيْبُ فَيَشْرَبُهُ اْليَوْمَ وَ اْلغَدَ وَ بَعْدَ اْلغَدِ اِلَى مَسَاءِ الثَّالِثَةِ، ثُمَّ يَأْمُرُ بِهِ فَيُسْقَى اَوْ يُهَرَاقُ. مسلم 3: 1589
Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata : Dahulu Rasulullah SAW disediakan untuk beliau minuman terbuat dari anggur, lalu beliau meminumnya hari itu, besok paginya dan lusa, sampai sore hari ketiga, kemudian beliau menyuruh diberikan atau dibuang". [HR. Muslim juz 3, hal. 1589]

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كُنَّا نَنْبِذُ لِرَسُوْلِ اللهِ ص فِى سِقَاءٍ فَنَأْخُذُ قَبْضَةً مِنْ تَمْرٍ وَ قَبْضَةً مِنْ زَبِيْبٍ فَنَطْرَحُهَا فِيْهِ، ثُمَّ نَصُبُّ عَلَيْهِ اْلمَاءَ فَنَنْبِذُهُ غُدْوَةَ فَيَشْرَبُهُ عَشِيَّةً وَ نَنْبِذُهُ عَشِيَّةً فَيَشْرَبُهُ غُدْوَةً. ابن ماجه 2: 1126و رقم: 3398
Dari 'Aisyah, ia berkata, "Dahulu kami membuatkan minuman Rasulullah SAW dalam suatu wadah, kami mengambil segenggam kurma dan segenggam anggur kering lalu kami tuangkan air. Kami membuat minuman itu pada pagi hari kemudian diminum pada sore hari dan (jika) kami membuatnya pada sore hari lalu diminum pada pagi hari. [HR. Ibnu Majah juz 2, hal. 1126, no. 3398]

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كُنَّا نَنْبِذُ لِرَسُوْلِ اللهِ ص فِى سِقَاءٍ يُوْكَى اَعْلاَهُ وَ لَهُ عَزْلاَءُ نَنْبِذُهُ غُذْوَةً فَيَشْرَبُهُ عِشَاءً وَ نَنْبِذُهُ عِشَاءً فَيَشْرَبُهُ غُذْوَةً. مسلم 3: 1590
Dari 'Aisyah, ia berkata, "Dahulu kami membuat minuman untuk Rasulullah SAW di wadah yang tertutup (bagian) atasnya dan mempunyai pelepas (untuk membuka). Kami membuatnya di pagi hari lalu beliau (Nabi SAW) meminumnya diwaktu ‘Isya’ dan (jika) kami membuat diwaktu ‘Isya’ maka (Nabi SAW) meminumnya di pagi hari". [HR. Muslim juz 3, hal. 1590]


سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Khitan

Ayat - Ayat Al Quran Tentang Alam Barzah Atau Kubur

Hadits Tentang Rujuk

Hadits Tentang Li’an

Shalat Sunnah Thahur

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan