Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Mengusung Dan Mengantar Jenazah



بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ

Seputar Risalah Janaiz

Mengusung Jenazah

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اَسْرِعُوْا بِاْلجَنَازَةِ، فَاِنْ تَكُ صَالِحَةً فَخَيْرٌ تُقَدّمُوْنَهَا. وَ اِنْ تَكُ سِوَى ذلِكَ فَشَرٌّ تَضَعُوْنَهُ عَنْ رِقَابِكُمْ. البخارى 2: 87 
Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Segerakanlah urusan jenazah, karena apabila jenazah itu orang yang shaleh, berarti kamu mendekatkannya kepada kebaikan, dan apabila ia tidak demikian yakni orang yang jahat, berarti kamu telah melepaskan beban dari pundakmu”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 87] 

عَنْ اِبِى سَعِيْدِ اْلخُدْرِيّ رض قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص يَقُوْلُ: اِذَا وُضِعَتِ اْلجَنَازَةُ فَاحْتَمَلَهَا الرّجَالُ عَلَى اَعْنَاقِهِمْ فَاِنْ كَانَتْ صَالِحَةً قَالَتْ: قَدّمُوْنِى، وَ اِنْ كَانَتْ غَيْرَ صَالِحَةٍ قَالَتْ ِلاَهْلِهَا: يَا وَيْلَهَا، اَيْنَ يَذْهَبُوْنَ بِهَا؟ يَسْمَعُ صَوْتَهَا كُلُّ شَيْءٍ اِلاَّ اْلاِنْسَانَ. وَ لَوْ سَمِعَ اْلاِنْسَانُ لَصَعِقَ. البخارى 2: 88 

Dari Abu Sa’id al-Khudriy RA, ia berkata : Nabi SAW pernah bersabda, “Apabila jenazah telah diletakkan di pundak orang-orang yang mengangkatnya, maka apabila itu jenazahnya orang shalih, ia akan berkata, “Segerakanlah aku”. Dan jika jenazah itu bukan orang yang shalih, maka ia berkata kepada keluarganya, “Aduh celaka, kemana mereka akan membawanya?”. Suaranya itu didengar oleh segala sesuatu, kecuali manusia. Dan seandainya manusia mendengarnya, pasti ia pingsan”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 88] 

عَنْ اَبِى مُوْسَى قَالَ: مَرَّتْ بِرَسُوْلِ اللهِ ص جَنَازَةٌ تَمْخَضُ مَخْضَ الزَّفّ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: عَلَيْكُمُ اْلقَصْدَ. احمد، فى نيل الاوطار 4: 79 
Dari Abu Musa, ia berkata : Ada jenazah wanita hamil (perutnya) seperti qirbah dibawa melewati Rasulullah SAW, lalu beliau bersabda, “Hendaklah kamu berjalan perlahan-lahan”. [HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 79] 

عَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ قَالَ: مَنِ اتَّبَعَ جَنَازَةً فَلْيَحْمِلْ بِجَوَانِبِ السَّرِيْرِ كُلّهَا. فَاِنَّهُ مِنَ السُّنَّةِ. ثُمَّ اِنْ شَاءَ فَلْيَتَطَوَّعْ. وَ اِنْ شَاءَ فَلْيَدَعْ. ابن ماجه 1: 474، منقطع 
Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, “Barangsiapa yang mengantar jenazah, maka bawalah pada sisi-sisi usungannya semuanya, karena begitulah menurut sunnah (Nabi SAW), kemudian barangsiapa suka, kerjakanlah dengan sukarela dan barangsiapa tidak, maka tinggalkanlah”. [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 474, munqathi’] 

عَنْ اَبِى بَكْرَةَ قَالَ: رَأَيْتُنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص وَ اِنَّا لَنَكَادُ نَرْمُلُ بِاْلجَنَازَةِ رَمْلاً. احمد و النسائى فى نيل الاوطار 4: 79 
Dari Abu Bakrah, ia berkata, “Sesungguhnya kami pernah mengiringkan jenazah bersama Rasulullah SAW, pada waktu itu kami hampir lari-lari kecil”. [HR. Ahmad dan Nasai, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 79] 

عَنْ مَحْمُوْدِ بْنِ لَبِيْدٍ عَنْ رَافِعٍ قَالَ: اَسْرَعَ النَّبِيُّ ص حَتَّى تَقَطَّعَتْ نِعَالُنَا يَوْمَ مَاتَ سَعْدُ بْنُ مُعَاذٍ. البخارى فى تاريخه، فى نيل الاوطار 4: 80 
Dari Mahmud bin Labid, dari Rafi’, ia berkata, “Nabi SAW pernah berjalan cepat sehingga sandal-sandal kami putus ketika hari meninggalnya Sa’ad bin Mu’adz”. [HR. Bukhari di dalam tarikhnya, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 80] 

Keterangan : 
Membawa jenazah dengan cepat itu disunnatkan, tetapi cepatnya itu sekiranya tidak berlebihan, sehingga dikhawatirkan akan mengakibatkan terjadinya gangguan pada mayyit maupun si pembawa dan pengantar jenazah itu sendiri. 
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: نَهَى رَسُوْلُ اللهِ ص اَنْ نَتَّبِعَ جَنَازَةً مَعَهَا رَانَّةٌ. احمد و ابن ماجه، فى نيل الاوطار 4: 83 
Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “Rasulullah SAW melarang kami mengantar jenazah dengan diiringi suatu ratapan”. [HR. Ahmad dan Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 83] 

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: لاَ تُتْبَعُ اْلجَنَازَةُ بِصَوْتٍ وَ لاَ نَارٍ. ابو داود 3: 203، ضعيف لانه فى اسناده اسم مبهم 
Dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Tidak boleh mengiringkan jenazah dengan suara (keras), dan tidak boleh pula dengan api”. [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 203, dla’if karena dalam sanadnya ada perawi yang tidak disebutkan namanya] 

عَنْ اَبِى بُرْدَةَ قَالَ: اَوْصَى اَبُوْ مُوْسَى حِيْنَ حَضَرَهُ اْلمَوْتُ فَقَالَ: لاَ تَتَّبِعُوْنِى بِمِجْمَرٍ. قَالُوْا: اَوَ سَمِعْتَ فِيْهِ شَيْئًا؟ قَالَ: نَعَمْ، مِنْ رَسُوْلِ اللهِ ص. ابن ماجه، فى نيل الاوطار 4: 83 
Dari Abu Burdah, ia berkata ketika Abu Musa akan meninggal, ia berwashiyat, ia berkata, “Janganlah kalian mengantar (jenazah)-ku dengan membawa pedupaan”. Lalu teman-temannya bertanya, “Apakah hal itu pernah kamu dengar (dari Rasulullah)?”. Ia menjawab, “Ya (aku dengar) dari Rasulullah SAW”. [HR. Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 83] 

Keterangan : 
  • Hadits diatas menunjukkan bahwa mengantar jenazah dengan ratapan itu dilarang.
  • Dan perkataan “mijmar” itu artinya tempat membakar dupa. Ini menunjukkan bahwa membawa jenazah dengan membawa pedupaan itu dilarang, karena hal itu adalah perbuatan orang jahiliyah, yang telah diberantas oleh Nabi SAW. 
Berjalan di depan jenazah dan tentang pengantar yang berkendaraan 

عَنِ اْلمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اَلرَّاكِبُ خَلْفَ اْلجَنَازَةِ وَ اْلمَاشِى اَمَامَهُ قَرِيْبًا مِنْهَا عَنْ يَمِيْنِهَا اَوْ عَنْ يَسَارِهَا وَ السّقْطُ يُصَلَّى عَلَيْهِ وَ يُدْعَى لِوَالِدَيْهِ بِاْلمَغْفِرَةِ وَ الرَّحْمَةِ. احمد 
Dari Mughirah bin Syaibah dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Orang yang berkendaraan hendaklah berjalan di belakang jenazah dan orang yang berjalan kaki hendaklah berjalan di depannya berdekatan dengannya, di sebelah kanan atau kirinya, sedang anak yang baru lahir lalu meninggal juga dishalatkan dan didoakan supaya mendapat ampunan dan rahmat untuk kedua orang tuanya”. [HR. Ahmad] 

وَ اَبُوْ دَاوُدَ وَ قَالَ فِيْهِ: وَ اْلمَاشِى يَمْشِى خَلْفَهَا وَ اَمَامَهَا وَ عَنْ يَمِيْنِهَا وَ يَسَارِهَا قَرِيْبًا مِنْهَا 
Dan Abu Dawud (meriwayatkan), ia berkata di dalam riwayatnya itu (dengan lafadh), “Dan orang yang berjalan kaki hendaklah berjalan di belakang jenazah, di depannya, di kanannya, dan di kirinya berdekatan dengannya”. 

وَ فِى رِوَايَةٍ: اَلرَّاكِبُ خَلْفَ اْلجَنَازَةِ وَ اْلمَاشِى حَيْثُ شَاءَ مِنْهَا وَ الطّفْلُ يُصَلَّى عَلَيْهِ. احمد و النسائى و الترمذى و صححه، فى نيل الاوطار 4: 52 
Dan dalam satu riwayat (dikatakan), “Orang yang berkendaraan hendaklah berjalan di belakang jenazah, sedang orang yang berjalan kaki sesukanya, dan (jenazah) anak kecil juga dishalatkan”. [HR. Ahmad, Nasai dan Tirmidzi, dan Tirmidzi mengesahkannya, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 52]. 

عَنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ ص وَ اَبَا بَكْرٍ وَ عُمَرَ يَمْشُوْنَ اَمَامَ اْلجَنَازَةِ. الخمسة و احتج به احمد، فى نيل الاوطار 4: 81 
Dari Ibnu ‘Umar bahwasanya ia pernah melihat Nabi SAW, Abu Bakar dan ‘Umar berjalan di depan jenazah. [HR. Khomsah, dan Ahmad menjadikan hadits ini sebagai hujjah, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 81] 

عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص اِتَّبَعَ جَنَازَةَ ابْنِ الدَّحْدَاحِ مَاشِيًا، وَ رَجَعَ عَلَى فَرَسٍ. الترمذى 
Dari Jabir bin Samurah bahwa Nabi SAW mengantarkan jenazah Ibnu Dahdah dengan jalan kaki dan pulang dengan naik kuda. [HR. Tirmidzi] 

وَ فِى رِوَايَةٍ اُتِيَ بِفَرَسٍ مُعْرَوْرٍ، فَرَكِبَهُ حِيْنَ انْصَرَفْنَا مِنْ جَنَازَةِ ابْنِ الدَّحْدَاحِ، وَ نَحْنُ نَمْشِى حَوْلَهُ. احمد و مسلم و النسائى، فى نيل الاوطار 4: 82 
Dan dalam satu riwayat (dikatakan), “Nabi SAW dibawakan seekor kuda tanpa pelana, lalu beliau menaikinya ketika selesai dari mengubur jenazah Ibnu Dahdah, sedang kami berjalan di sekelilingnya”. [HR. Ahmad, Muslim dan Nasai, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 82] 

عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ: خَرَجْنَا مَعَ النَّبِيّ ص فِى جَنَازَةٍ، فَرَأَى نَاسًا رُكْبَانًا، فَقَالَ: اَلاَ تَسْتَحْيُوْنَ اَنَّ مَلاَئِكَةَ اللهِ عَلَى اَقْدَامِهِمْ وَ اَنْتُمْ عَلَى ظُهُوْرِ الدَّوَابّ؟احمد و ابن ماجه و الترمذى، فى نيل الاوطار 4: 82 
Dari Tsauban, ia berkata : Kami pernah keluar bersama Nabi SAW dalam (mengantarkan) jenazah, kemudian beliau melihat orang-orang berkendaraan, lalu bersabda, “Apakah kamu tidak malu, sebab para malaikat berjalan kaki, sedang kamu di atas punggung-punggung binatang?”. [HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 82] 

عَنْ ثَوْبَانَ اَيْضًا اِنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص اُتِيَ بِدَابَّةٍ، وَ هُوَ مَعَ جَنَازَةٍ، فَأَبَى اَنْ يَرْكَبَهَا. فَلَمَّا انْصَرَفَ اُتِيَ بِدَابَّةٍ فَرَكِبَ. فَقِيْلَ لَهُ، فَقَالَ: اِنَّ اْلمَلاَئِكَةَ كَانَتْ تَمْشِى، فَلَمْ اَكُنْ ِلاَرْكَبَ وَ هُمْ يَمْشُوْنَ. فَلَمَّا ذَهَبُوْا رَكِبْتُ. ابو داود 3: 204 
Dari Tsauban juga, bahwasanya Rasulullah SAW pernah dibawakan kendaraan ketika beliau sedang mengantarkan jenazah, lalu beliau menolak untuk menaikinya. Tetapi setelah selesai penguburan beliau dibawakan kendaraan lagi, lalu beliau menaikinya. Ada yang bertanya kepada beliau, lalu beliau menjawab, “Sesungguhnya para malaikat tadi berjalan kaki, maka tidak pantas aku naik kendaraan sedang mereka berjalan kaki, tetapi setelah mereka pergi, maka aku pun naik kendaraan”. [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 204] 

Orang yang mengantarkan jenazah dilarang duduk sebelum mayyit diletakkan 

عَنْ اَبِى سَعِيْدٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا رَأَيْتُمُ اْلجَنَازَةَ فَقُوْمُوْا لَهَا. فَمَنِ اتَّبَعَهَا فَلاَ يَجْلِسْ حَتَّى تُوْضَعَ. الجماعة الا ابن ماجه، فى نيل الاوطار 4: 84 
Dari Abu Sa’id ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kamu melihat jenazah, maka berdirilah untuk menghormatinya, dan barangsiapa yang mengantarkannya, maka janganlah ia duduk sehingga jenazah itu diletakkan”. [HR. Jama’ah, kecuali Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 84] 

Keterangan : 
Perkataan “barangsiapa yang mengantarkannya, maka janganlah ia duduk” itu, menunjukkan dilarang duduk bagi orang yang mengantarkan jenazah, sehingga jenazah itu diletakkan di tanah atau di liang lahad. 

سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Khitan

Fadlilah Dzikir Laa Ilaaha Illallaah

Shalat Sunnah Intidhar

Hadits Tentang Walimah

Hadits Tentang Shalat Idul Fithri Dan Idul Adlha

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan