بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ
Adab Duduk Dan Berjalan di Pekuburan
عَنِ اْلبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ: خَرَجْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص فِى جَنَازَةِ رَجُلٍ مِنَ اْلاَنْصَارِ، فَانْتَهَيْنَا اِلَى اْلقَبْرِ، وَ لَمْ يُلْحَدْ بَعْدُ، فَجَلَسَ النَّبِيُّ ص مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ وَ جَلَسْنَا مَعَهُ. ابو داود 3: 213
Dari Al-Baraa’ bin ‘Aazib, ia berkata, “Kami pernah keluar bersama Rasulullah SAW mengantar jenazah seorang laki-laki kaum Anshar, kemudian setelah kami sampai di pekuburan, kubur itu belum digali lahadnya, kemudian Nabi SAW duduk sambil menghadap qiblat, sedang kami duduk bersama beliau”. [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 213]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: َلاَنْ يَجْلِسَ اَحَدُكُمْ عَلَى جَمْرَةٍ فَتَحْرِقَ ثِيَابَهُ، فَتَخْلُصَ اِلَى جِلْدِهِ، خَيْرٌ لَهُ مِنْ اَنْ يَجْلِسَ عَلَى قَبْرٍ. الجماعة الا البخارى و الترمذى، فى نيل الاوطار 4: 99
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Salah seorang diantara kalian duduk di atas bara api dan membakar pakaiannya sampai mengenai kulitnya, itu lebih baik daripada ia duduk di atas qubur”. [HR. Jama’ah, kecuali Bukhari dan Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 99]
عَنْ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ قَالَ: رَآنِى رَسُوْلُ اللهِ ص مُتَّكِئًا عَلَى قَبْرٍ، فَقَالَ: لاَ تُؤْذِ صَاحِبَ هذَا اْلقَبْرِ اَوْ لاَ تُؤْذِهِ. احمد، فى نيل الاوطار 4: 99
Dari ‘Amr bin Hazm, ia berkata : Rasulullah SAW melihat aku duduk bersandar pada sebuah qubur, lalu beliau bersabda, “Janganlah kamu mengganggu penghuni qubur ini, atau (beliau bersabda, janganlah kamu mengganggunya”. [HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 99]
عَنْ بَشِيْرِ بْنِ اْلخَصَاصِيَّةِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص رَأَى رَجُلاً يَمْشِى فِى نَعْلَيْنِ بَيْنَ اْلقُبُوْرِ فَقَالَ: يَا صَاحِبَ السّبْتِيَّتَيْنِ، اَلْقِهِمَا. الخمسة الا الترمذى، فى نيل الاوطار 4: 99
Dari Basyir bin Khashashiyah, bahwa Rasulullah SAW melihat seorang laki-laki berjalan memakai sandal diantara qubur-qubur, kemudian beliau SAW bersabda, “Hai pemilik dua sandal, lepaskan kedua sandalmu !”. [HR. Khomsah, kecuali Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 99]
سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ