Beberapa Makanan Membuat Kenyang Dan Lapar

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Jika anda akan berniat untuk menjalani diet untuk menurunkan berat badan, alangkah baiknya mengenal macam-macam makanan yang bisa membuat anda kenyang maupun membuat anda cepat lapar. Agar diet anda lebih optimal sebaiknya menghindari atau mengurangi makanan yang bisa membuat lapar, tetapi jika ingin menaikkan berat badan alangkah baiknya mengkonsumsi makanan yang bisa membuat anda sering lapar.

Berikut ini berbagai makanan yang bisa membuat anda bisa merasakan kenyang lebih lama maupun bisa membuat anda mudah lapar. Apa sajakah makanan itu?
Macam makanan bergizi
Makanan Membuat Kenyang

Makanan yang membuat kenyang lebih lama diantaranya:

1. Apel

Apel memiliki kandungan air yang tinggi dan dikemas dengan serat

2. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat dan vitamin yang membuat perut terasa kenyang lebih lama, bahkan jika dibandingkan dengan protein atau karbohidrat.

3. Beras merah

Beras merah mengandung serat dan nutrisi seperti vitamin B dan magnesium, yang membuat Anda lebih berenergi. Serat menyebabkan beras merah dicerna lebih lama dalam perut dan lebih maksimal dalam menyerap nutrisi baiknya.

4. Oatmeal

Oatmeal terbuat dari gandum utuh yang mengandung karbohidrat kompleks, yang dicerna tubuh secara perlahan-lahan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Oatmeal juga merupakan sumber serat yang sehat untuk sistem pencernaan Anda.

5. Daging

Daging menawarkan kalori tinggi dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya.

6. Salmon

Salmon kaya akan asam lemak esensial dan minyak ikan ini membuat tingkat gula darah seimbang, yang merupakan kunci untuk merasa kenyang dan berenergi.
Makanan bergizi
Makanan Membuat Mudah Lapar

Makanan yang membuat Anda mudah lapar diantaranya:

1. Kentang goreng

Meskipun kentang merupakan bagian dari sayuran yang berkarbohidrat tinggi, tetapi manfaat baik tersebut akan tertutupi oleh tepung untuk menggoreng yang mengandung karbohidrat sederhana, garam dan saos yang mengandung sirup jagung tinggi fruktosa. Hal ini akan menempatkan Anda makan kentang goring terlalu banyak tanpa Anda sadari karena merasa belum cukup kenyang.

2. Pasta putih

Pasta putih mengandung karbohidrat sederhana yang cepat sekali dicerna oleh tubuh dan menyebabkan kadar glukosa tubuh meningkat, sehingga Anda akan segera merasa lapar lagi setelah mengonsumsinya.

3. Roti dari tepung putih dan gula

Roti terbuat dari tepung putih dan gula putih, dua karbohidrat sederhana yang segera dicerna setelah dimakan, sehingga terjadi lonjakan insulin yang sangat besar dan membuat Anda lapar.

4. Susu coklat

Selain mengandung gula, rasa manis dalam susu coklat juga mengandung lemak terhidrogenasi, yang berubah menjadi lemak trans dan dapat mengganggu metabolisme tubuh dan membuat Anda merasa lesu dan lapar.

5. Yoghurt dengan rasa

Yoghurt mengandung kalsium yang baik untuk tulang, tetapi jika yoghurt ditambahkan dengan gula dan perasa tambahan seperti sirup jagung tinggi fruktosa, manfaat baiknya akan hilang. Makanan ini dapat membuat Anda segera lapar kembali setelah mengonsumsinya.

6. Sereal olahan

Sereal olahan yang terbuat dari tepung dan bukan gandum, tentu akan membuat Anda cepat lapar kembali karena tepung putih mengandung karbohidrat sederhana yang sangat mudah dicerna.

Demikianlah beberapa makanan yang bisa membuat mudah lapar maupun membuat kenyang lebih lama, sebagai masukan jika ingin berdiet utamakan kandungan gizi memenuhi kebutuhan tubuh dan lebih baik lagi konsultasikan ke ahli gizi. Semoga bermanfaat.

sumber detik health
سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Aqiqah

Hadits Tentang Khitan

Syarat Menjadi Imam Dalam Shalat Berjama'ah