Cara Membuat OpenID Di Blogger

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

OpenID
Tahukah anda OpenID itu apa dan manfaatnya apa? Berikut pengertianya. OpenID adalah sebuah standar desentralisasi dan terbuka bagi autentifikasi pengguna (user) dan kontrol akses yang memungkinkan pengguna(user) untuk masuk ke dalam berbagai layanan hanya dengan satu identitas digital (ID) yang sama. Dengan demikian, OpenID menggantikan proses login umum yang biasanya menggunakan sebuah nama pengguna (username) dan kata sandi (password).

Dengan OpenID yang digunakan pada komentar blogger, membuat si pemilik blog dapat mengunjungi kita tanpa harus melihat ke profil, di samping itu keuntungan OpenID lainya bisa menambah backlink ke blog.

Nah sekarang saya akan fokus ke bagaimana membuat OpenID di blogger, karena dengan OpenID ini kita memiliki keuntungan seperti yang telah sebutkan di atas. Berikut ini cara pembuatan OpenID :

1. Ketahui OpenID kamu

Langkah awal sebelum membuat openid di blogger adalah mengetahui OpenID kamu. OpenID bisanya merupakan alamat website atau blogger. Mislanya : https://salampathokan.blogspot.com. Kalau anda telah berganti domain dari blogger megunakan TDL, alamat tersebut pula lah yang di gunakan untuk OpenID. Untuk mengetahui secara pasti alamat OpenID sodara, yaitu buka blogger -> setting -> other -> OpenID.
Di sana alamat OpenID anda, jadi kalau anda ingin berkomentar mengunakan OpenID, alamat tersebut yang di gunakan. Silahkan di coba untuk komentar.

2. Mengatasi Your openid Credentials Could Not be Verified

Kadang kala setelah mengetahui OpenID kita, dan kita masukin ke tempat komentar OpenID masih juga belum bisa di gunakan dan akan muncul tulisan merah openid credentials could not be verified. Intinya kita perlu memverifikasi bahwa itu merupakan OpenID milik kita, caranya adalah :
Masukan kode di bawah ini setelah <head>

<link href='https://draft.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link href='https://salampathokan.blogspot.com' rel='openid.delegate'/>

Ganti dahulu salampathokan.blogspot.com dengan alamat blog anda, kemudian taruh di bawah <head>, tentunya masuk dahulu ke edit html pada template blogspot. Caranya, blogger buka template edit HTML (centang expand widget template).

Setelah itu, akan muncul gambar notifikasi maka anda bisa memilih yes, alwais untuk mengunakan OpenID tersebut selamanya dan membuktikan bahwa andalah pemilik OpenID tersebut.

3. Mendaftar OpenID selain di blogger

Anda dapat pula membuat OpenID selain di blogger, seperti : yahoo, AOL, Verisign, livejournal, wordpress, myOpenid dan lain sebagainya.

Ok, mudah bukan cara membuatnya. Saya rasa tidak sulit, semoga bermanfaat.

UpdateBlogger sekarang tidak lagi mendukung OpenID.

Tren Blog

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Aqiqah

Hadits Tentang Khitan

Syarat Menjadi Imam Dalam Shalat Berjama'ah