Featured Post

Hikmah Kejujuran

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Agama ini sangat menjaga kemuliaan, kehormatan, kesucian, kejujuran, kedamaian dan keadilan dalam arti yang sebenarnya. Pintu - pintu ditutup rapat bagi kepalsuan, kebohongan, kemaksiatan, kedzaliman dan kesewenang-wenangan. Manusia secara naluriah sangat mencintai kebaikan, kejujuran dan senang jika orang lain berlaku baik dan jujur kepada dirinya. Inilah sebab utama, Nabi SAW senantiasa disukai dan dicintai oleh masyarakatnya karena kebaikan dan kejujurannya yang tiada duanya.

Tips Tetap Sehat Setelah Lebaran

Merayakan kemenangan pada hari Idul Fitri memang sebaiknya tidak dengan makan berlebihan. Ada sejumlah trik jitu agar tetap sehat setelah Lebaran.

Variasi Menu makanan
1. Makan bersama

Sehabis salat Ied, warga satu kompleks biasanya saling bersilaturahmi bersama. Dengan cara itu, warga bisa membagi wakatu dan perut dengan makan bersama tetangga satu kali saja. Makan bersama terhitung sebagai makan pagi, setelah itu mungkin kita tinggal bersiasat dengan makan siang bersama kerabat. 

2. Jangan lapar mata 

Hidangan Lebaran jadi lebih istimewa karena disiapkan oleh keluarga kita yang terkenal piawai memasak. Hidangan yang bikin kangen itu memagn hanya dicicipi setahun sekali. Meski demikian, tentu kita tak boleh lapar mata. Makan boleh-boleh saja, tetapi ingat bahwa masih banyak tempat yang akan kita kunjungi. 

3. Ambil porsi kecil 

Ambil porsi kecil saja setiap kali ditawari makan saat bersilaturahmi. Contohnya, ambil tiga potong ketupat dan secuil rendang atau ayam dan satu sendok sayur labu siam. 

4. Sekedar icip-icip 

Porsi kecil juga perlu kita terapkan dalam menikmati camilan. Sekadar icip-icip, itu prinsipnya. Jika ingin menikmati tape ketan, cukup ambil satu sendok makan saja. Kastangel? Ya satu potong saja. Kacang bawang atau mete, bolehlah satu sendok makan. 

5. Minum cukup air putih 

Hindari softdrink atau minuman manis lainnya. Jika ada es puter tersaji, tetap mengambil kalau memang ingin, tetapi hanya satu porsi kecil. 

6. Konsumsi penawar lemak 

Setelah seharian berkunjung ke handai taulan dan mengonsumsi makanan serba berlemak, minum teh hijau untuk melarutkan lemak seperti orang Tiongkok. Keesokan hari setelah bangun tidur, minumlah air putih hangat yang diberi perasan jeruk lemon. Minuman itu bagus untuk melakukan detoksifikasi tubuh. Buang air besar jadi lancar. 

Kemudian, perbanyak makan sayur dan buah yang kaya serat untuk membersihkan lemak yang kita konsumsi di Lebaran hari pertama. 

Sumber : kompas.com

Tren Blog

Hadits Tentang Khitan

Ayat - Ayat Al Quran Tentang Alam Barzah Atau Kubur

Zakat Fitrah

Popular posts from this blog

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan