Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Mencegah Gangguan Pencernaaan

Siapa saja yang mengalami gangguan pencernaan pastinya tidak menyenangkan setelah menikmati makanan lezat, berikut ini tips sederhana menghindari gangguan pencernaan :
Anatomi Saluran pencernaan
Saluran Pencernaan
  • Konsumsi makanan mengandung probiotik
bakteri baik dalam probiotik yang ditemukan dalam beberapa makanan serta saluran pencernaaan anda mampu menyehatkan pencernaaan. Misalnya yogurt mengandung lactobasillus acidophilus.
  • Kunyah permen karet setelah makan
untuk merangsang produksi air liur yang membantu menetralkan asam lambung dan mengurangi kemungkinan mengalami gangguan pencernaan
  • Buat catatan makanan
untuk mengidentifikasi makanan yang memicu gangguan pencernaan misalnya makanan atau minuman tinggi akan asam, kafein, alkohol atau pedas
  • Konsumsi banyak serat
serat tidak hanya untuk mencegah gangguan pencernaaan tetapi lebih penting untung kesehatan tubuh secara umum, manusia membutuhkan kandungan serat antara 10-15gr sehari. Kandungan serat terdapat pada sayuran, buah, sereal whole grain, serta kacang-kacangan. Selain itu batasi makanan cepat saji, daging merah, makanan kaya lemak, makanan yg banyak mengandung gaas
  • Perbanyak minum air putih
untuk membasahi makanan dalam saluran pencernaan, membantu memecah mineral vitamin dan nutrisi sehingga mudah memproses penyerapan dan menjaga kecukupan air agar terhindar dari masalah konstipasi.
  • Olahraga secara teratur dan hindari stres
olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat, bisa membantu mencegah gangguan pencernaan
  • Konsumsi suplemen enzim pencernaan
sejumlah enzim pencernaan yang berasal dari tumbuhan bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menguatkan penyerapan nutrisi. Sebelum mengkonsumsi enzim suplemen terlebih dahulu konsul ke dokter anda.

Tren Blog

Hadits Tentang Khitan

Fadlilah Dzikir Laa Ilaaha Illallaah

Shalat Sunnah Intidhar

Hadits Tentang Walimah

Perintah Orang Tua Yang Tidak Boleh Ditaati

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan