Posts

Zakat Maal Atau Harta

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ Zakat kekayaan yang harus dikeluarkan dalam jangka satu tahun sekali yang sudah memenuhi nishab. Mencakup hasil ternak, emas dan perak, pertanian (makanan pokok), harta perniagaan, pertambangan, hasil kerja (profesi), harta temuan. Masing-masing jenis memiliki perhitungannya sendiri-sendiri. Zakat adalah kadar harta yang dikeluarkan untuk orang-orang yang berhak menerimanya bila mencapai nisab tertentu dengan syarat-syarat tertentu. Menurut Istilah Syara, Zakat adalah mengeluarkan sebagian harta benda sebagai sedekah wajib sesuai perintah Allah وَأَقِيمُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُواْ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرۡكَعُواْ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ ٤٣ [سورة البقرة,٤٣]  Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku´lah beserta orang-orang yang ruku´ [Al Baqarah:43] خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهّرُهُمْ وَ تُزَكّيْهِمْ بِهَا. التوبة “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka yang dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan merek

Allah Maha Pemberi Rezeki, Part 1

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Firman Allah Maha Pemberi Rezeki وَ مَا خَلَقْتُ اْلجِنَّ وَ اْلاِنْسَ اِلاَّ لِيَعْبُدُوْنِ(56) مَآ اُرِيْدُ مِنْهُمْ مّنْ رّزْقٍ وَّ مَآ اُرِيْدُ اَنْ يُّطْعِمُوْنِ(57) اِنَّ اللهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُوْ الْقُوَّةِ الْمَتِيْنُ(58) الذاريات: 56-58 Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. (56) Aku tidak menghendaki rizqi sedikit pun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi Aku makan. (57) Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rizqi Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh. (58) [QS. Adz-Dzaariyaat : 56-58]

Hadits - Hadits Tentang Nishfu Sya'ban

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Bagaimana amalan - amalan yang kita amalkan setiap kali datangnya bulan syakban, apakah kita tahu dalilnya ataukah kita hanya ikut - ikutan dalam beramal beribadah. mungkin banyak diantara kaum muslmin yang mengamalkan amalan-amalan tertentu pada malam nishfu Sya'ban, sehingga hanya tahu katanya kalau mengamalkan di bulan syakban sesudah shalat Maghrib, lalu berdo'a dengan do'a-do'a tertentu, maka akan dipanjangkan umurnya, banyak rezekinya, ditetapkan iman, serta mati dalam husnul khotimah. Ada pula melakukan shalat-shalat tertentu pada malam nishfu Sya'ban.  Oleh karena diantara hadits-hadits amalan nishfu syakban, apakah hadits atau dalil-dalil amalan pada malam nishfu Sya'ban tersebut haditsnya shaih, dla'if ataukah palsu, agar kita terhindar dari amalan-amalan yang tidak dilandasi dengan dalil-dalil yang kuat maka kita perlu pelajari dan pahami hadits berikut ini.

Tahallul Umroh Setelah Sa'i

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Tahallul Umrah Setelah Sa’i Bagi Berhaji Tamathu’ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض قَالَ: لَمَّا قَدِمَ النَّبِيّ ص مَكَّةَ اَمَرَ اَصْحَابَهُ اَنْ يَطُوْفُوْا بِاْلبَيْتِ وَ بِالصَّفَا وَ اْلمَرْوَةِ ثُمَّ يَحِلُّوْا وَ يَحْلِقُوْا اَوْ يُقَصّرُوْا. البخارى 2: 189 Dari Ibnu ‘Abbas RA, ia berkata : Setelah Nabi SAW tiba di Makkah, beliau menyuruh para shahabat supaya thawaf di Baitullah, dan sa’i antara Shafa dan Marwah, kemudian bertahallul, mencukur atau memotong rambut. [HR. Bukhari juz 2, hal. 189]

Mekanisme Tidak Ingat Atau Lupa

Image
بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Mekanisme Lupa Otak Otak merupakan sesuatu yang sangat berharga, bayangkan jika anda tidak memiliki otak maka anda tidak dapat hidup seperti sekarang ini. Bagian itu yang memproses kegiatan kita serta memproses apa yang kita pelajari, dengan tugasnya yang demikian sudah tentu otak memiliki sebuah mekanisme yang rumit. Sebuah studi terbaru menjelaskan bahwa otak kita tidak hanya mengandung mekanisme belajar tetapi juga terdapat mekanisme melupakan dan menghapus hal yang menurutnya "tidak perlu" untuk dipelajari. Kedua proses yakni proses mengingat dan proses lupa, merukan dua hal yang saling bertolakbelangkang, namun prinsip terjadinya merupakan mekanisme yang terjadi pada tempat yang sama, yang terletak pada hubungan "interaksi antara dua neuron atau sel saraf", yang dalam istilah neurosains disebut "synapsis"

Allah Maha Hidup - Al Hayyu, Part 1

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Yang Menghidupkan dan Mematikan اَللهُ لاَ اِلهَ اِلاَّ هُوَ اْلحَيُّ الْقَيُّوْمُ، لاَ تَأْخُذُه سِنَةٌ وَّ لاَ نَوْمٌ، لَه مَا فِى السَّموتِ وَ مَا فِى اْلاَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَه اِلاَّ بِاِذْنِه، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَ مَا خَلْفَهُمْ، وَ لاَ يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ ِمّنْ عِلْمِه اِلاَّ بِمَا شَآءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّموتِ وَ اْلارْضَ، وَلاَ يَئُوْدُه حِفْظُهُمَا، وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ. البقرة: 255 Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihar

Hadits - Hadits Tentang Sa'i

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Sa’i antara Shafa dan Marwah عَنْ جَابِرٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص طَافَ سَبْعًا رَمَلَ ثَلاَثًا وَ مَشَى اَرْبَعًا ثُمَّ قَرَأَ وَ اتَّخِذُوْا مِنْ مَّقَامِ اِبْرهِيْمَ مُصَلّى، فَصَلَّى سَجْدَتَيْنِ وَ جَعَلَ اْلمَقَامَ بَيْنَهُ وَ بَيْنَ اْلكَعْبَةِ ثُمَّ اسْتَلَمَ الرُّكْنَ ثُمَّ خَرَجَ فَقَالَ: اِنَّ الصَّفَا وَ اْلمَرْوَةَ مِنْ شَعَآئِرِ اللهِ، فَابْدَؤُوْا بِمَا بَدَأَ اللهُ بِهِ. النسائى 5: 236 Dari Jabir bahwasanya Rasulullah SAW thawaf tujuh putaran, tiga putaran dengan berlari kecil, dan empat putaran dengan berjalan biasa, lalu beliau membaca ayat (yang artinya), “Dan jadikanlah makam Ibrahim sebagai tempat shalat”. Kemudian beliau menuju belakang maqam Ibrahim, lalu shalat dua rekaat. Setelah itu beliau kembali mencium Hajar Aswad, lalu keluar (menuju bukit Shafa) dan membaca ayat (yang artinya), “Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah sebagian dari syi’ar-syi’ar Allah” (QS. Al-Baqarah : 158), maka mulailah dari tempat y

Sekilas Tentang Obat Antihistamin

Image
بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Obat Antihistamin Obat Antihistamin (antagonis histamin) adalah zat yang mampu mencegah penglepasan atau kerja histamin. Istilah antihistamin dapat digunakan untuk menjelaskan antagonis histamin yang mana pun, namun seringkali istilah ini digunakan untuk merujuk kepada antihistamin klasik yang bekerja pada reseptor histamin H1.

Ketika Imam Membaca Jahr Di Dalam Sholat

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Membaca Al-Fatihah Ketika Menjadi Makmum Dikala Imam Membaca Jahr Sebagaiman kita ketahui, bahwa membaca ta'awwudz itu diperintahkan ketika kita akan membaca Al-Qur'an. Firman Allah SWT : فَاِذَا قَرَأْتَ الْقُرْا?نَ فَاسْتَعِذْ بِاللهِ مِنَ الشَّيْط?نِ الرَّجِيْمِ. النحل: 98 Apabila kamu akan membaca Al Qur'an, maka mohonlah perlindungan kepada Allah dari syaithan yang terkutuk. [QS. An-Nahl : 98]

Hadits - Hadits Tentang Thawaf

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Seputar Thawaf Thawaf adalah ibadah mengelilingi Kabah sebanyak tujuh kali putaran, dimana pada tiga putaran pertama berjalan cepat mengelilingi Ka’bah, kemudian berjalan biasa sebanyak empat kali putaran mengelilingi kabah. Cara thawaf عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص لَمَّا قَدِمَ مَكَّةَ اَتَى اْلحَجَرَ فَاسْتَلَمَهُ. ثُمَّ مَشَى عَلَى يَمِينِهِ. فَرَمَلَ ثَلاَثاً وَ مَشَى اَرْبَعاً مسلم 2: 893 Dari Jabir bin ‘Abdullah RA bawasanya Rasulullah SAW ketika tiba di Makkah beliau lalu datang ke tempat Hajar Aswad, lalu beliau menjamahnya, kemudian beliau berjalan di sebelah kanannya, beliau berjalan cepat tiga putaran dan berjalan biasa empat putaran. [HR. Muslim juz 2, hal. 893].